Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting



Camat Kecamatan Trumon, Bahari, SH Himbau Masyarakat Kalau Beraktivitas DiKebun Jangan Membakar Sembarangan

Sigerindo Aceh Selatan- Setiap Masyarakat dihimbau yang beraktivitas dikebun agar untuk jangan membakar sembarangan. Demikian himbauan camat Kecamatan Trumon Bahari SH kepada masyarakat Trumon yang memiliki kebun,yang disampaikan secara lisan kepada Sigerindo Selasa22/2/2021.

Apalagi dimusim kemarau pamjang yang terus melanda Kabupaten Aceh Selatan pada umumnya dan khususnya Kecamatan Trumon.

Begitu juga lahan hutan yang terus dilalap sijago merah belum selesai selesainya dipadamkan sehingga hal ini dihimbau agar masyarakat yang beraktivitas berkebun untuk tidak membakar sembarangan.

Sebab kalo sudah terjadi kebakaran itu semuanya menjadi kewalahan and kesulitan dalam memadamkan api, karena lahan kita dikawasan ini merupakan lahat gambut,sehingga sangat susah untuk mematikan apinya.

Apa lagi lahan gambut ini sistimnya mengakar kebawah ibarat api dalam sekam padi sehingga sangat sulit dipadamkan kecuali di siram lewat udara.

Lahan dan hutan yang terbakar itu jarak tempuhnya lebih kurang 8 kilo dari jalan hitam masuk kedalam melewati semak belukar atawa jalan tikus yang ditempuh dengan jalan kaki kelokasi kebakaran tersebut.

Juga untuk memadamkan api dari Tim gabungan BPBD-Damkar, TNI-POLRI, BKPH, BKSDA, Manggala Agni Sibolangit, TNGL,dan Masyarakat Peduli Api, telah melakukan upaya pemadaman sampai hari ini.

Camat Trumon Bahari SH juga menyebutkan walaupun daerahnya diselimuti sedikit asap tebal,namun aktivitas tetap lancar baik sekolah maupun masyarakatnya dan anak anak sekolah tetap memakai masker dan termasuk masyarakat tetap memakai masker (Yunardi M. IS)
BERITA TERBARU