Gali Potensi Desa di Metro, LP2M dan Prodi DKV IIB Darmajaya Survei Pengabdian Masyarakat - SIGERINDO.COM

Gali Potensi Desa di Metro, LP2M dan Prodi DKV IIB Darmajaya Survei Pengabdian Masyarakat

Gali Potensi Desa di Metro, LP2M dan Prodi DKV IIB Darmajaya Survei Pengabdian Masyarakat


Sigerindo, Metro – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) dan Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melakukan survei pengabdian masyarakat dengan mengunjungi dua desa di Kota Metro pada Rabu (10/3/2021).

Dua desa itu adalah Desa Sumbersari, Metro Selatan dan Desa Mulyojati, Metro Barat. Kunjungan survei dipimpin Kepala Pusat Pengabdian dan Inovasi LP2M IIB Darmajaya Hendra Kurniawan, S.Kom., M.T.I., dan Ketua Prodi DKV Abdi Darmawan, S.Kom., M.T.I.; Sekretaris Prodi DKV Muhammad Rizky Kadafi, S.Ds., M.Sn; M. Redintan Justin, M.Ds, serta Ade Moussadecq, M.Sn.

Kepala Pusat Pengabdian dan Inovasi LP2M IIB Darmajaya, Hendra Kurniawan mengatakan tujuan survei untuk melihat potensi dalam pengembangan desa wisata. “Selain itu, membantu UMKM dan UKM setempat, melihat kompetensi aparatur desa dan melihat layanan informasi desa,” kata dia.

Di Desa Sumbersari, lanjut dia, sempat mengunjungi salah satu tempat wisata yang memiliki potensi bernama Alas Puri yang kini sepi akibat pandemi. “Kita akan melakukan pengembangan wisata desa di Alas Puri nantinya,” ucapnya.

Hendra menerangkan kedatangannya juga ditanggapi sangat baik oleh Kepala Desa Sumbersari dan Desa Mulyojati. “Kita ingin memberikan pelatihan untuk peningkatan kompetensi sumber daya manusia aparaturnya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Prodi DKV Abdi Darmawan menambahkan untuk memaksimalkan potensi desa akan melakukan perancangan branding kedua kelurahan/desa wisata tersebut dengan pengoptimalan kearifan lokal. “Penguatan strategi promosi digital UMKM dan UKM. Hal ini sebagai bentuk pengabdian masyarakat pada sektor industri kreatif di Kota Metro," kata Abdi.

Rombongan juga mengunjungi ruang studio keramik salah satu UMKM yang berada di Desa Mulyojati. “Pengrajin keramik di Desa Mulyojati juga dapat dikembangkan kedepannya untuk pemasaran agar meningkatkan perekonomian sekitarnya,” ucap Abdi.

Sementara, Kepala Desa Sumbersari M. Rafiudin, S.Pd., mengapresiasi keinginan IIB Darmajaya untuk melakukan pengabdian masyarakat di daerahnya. “Kita sangat senang bila dapat diberikan pelatihan dan potensi UMKM serta UKM desa dapat meningkat pemasarannya,” ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan Kepala Desa Mulyojati bahwa kunjungan IIB Darmajaya ini diharapkan dapat membantunya menggali potensi desa lebih maksimal. “Karena dengan sinergi, pembangunan desa akan cepat berkembang,” kata dia. (**)