Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting




PKPM dan KP Mandiri 2021 IIB Darmajaya Selesai, Ratusan Mahasiswa Ditarik


Sigerindo, Bandar Lampung--Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menarik ratusan mahasiswa yang mengikuti Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat dan Kerja Praktik Mandiri (PKPM/KP Mandiri) tahun 2021. Penarikan dilakukan setelah selesainya mahasiswa menjalani PKPM dan KP Mandiri pada 15 Februari–15 Maret 2021.

Total 150 mahasiswa, terdiri dari 133 peserta Program PKPM yang berasal dari lima program studi. Yaitu, Prodi Akuntansi sebanyak 40 orang, Manajemen 45 orang, Teknik Informatika 26 orang, Sistem Informasi 11 orang, dan Sistem Komputer 11 orang.

Sedangkan peserta KP Mandiri sebanyak 17 mahasiswa dengan rincian 5 orang dari Prodi Manajemen dan 12 dari Prodi Teknik Informatika. Kepala Pusat Pengabdian dan Inovasi LP2M IIB Darmajaya, Hendra Kurniawan, S.Kom., M.T.I., mengatakan pelaksanaan PKPM dan KP Mandiri 2021 berjalan dengan lancar.

“Hari ini, tepat sebulan program yang telah dijalankan mahasiswa di daerah tempat tinggalnya maupun di tempat kerja ataupun perusahaannya telah selesai,” kata dia, dalam penutupan melalui daring Senin (15/3/2021).

Hendra berharap mahasiswa dapat menyelesaikan pelaporan PKPM dan KP Mandiri. “Selanjutnya diharapkan dapat mengerjakan laporan setelah PKPM dan KP Mandiri ini selesai dilakukan,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Riset, Dr. RZ Abdul Aziz, ST., MT., menjelaskan pelaksanaan PKPM dan KP Mandiri tahun 2021 yang dilaksanakan di daerah tempat tinggal masing-masing mengasah kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan suatu masalah.

“Karena Anda mengetahui potensi yang dimiliki langsung di daerah tempat tinggal masing-masing. Begitu juga di tempat kerja ataupun perusahaan tempat Anda melakukan kerja praktek selama satu bulan ini,” ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan yang dijalankan juga dapat bermanfaat kepada masyarakat dan perusahaan. “Juga bermanfaat bagi Anda sendiri dengan meningkatnya kemampuan problem solving,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Rektor IIB Darmajaya, Dr. (Can) Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., MSc.. Dia mengatakan di tengah pandemi Covid-19 pelaksanaan PKPM dan KP Mandiri berjalan dengan baik. “Mahasiswa mengoptimalkan diri dalam menjalankan berbagai kegiatan dalam membangun daerah dan perusahaan,” ungkapnya.

Dia berharap kegiatan PKPM dan KP Mandiri tahun 2021 juga menjadikan mahasiswa peka terhadap lingkungan sekitar. “Selesainya kegiatan ini juga diharapkan untuk menyusun laporan segera kepada mahasiswa sebagai bahan penilaian akademik,” tutupnya. (**)
BERITA TERBARU