Ketua Prodi Bisnis Digital IIB Darmajaya Jadi Dosen Tamu di UEL Vietnam - SIGERINDO.COM

Ketua Prodi Bisnis Digital IIB Darmajaya Jadi Dosen Tamu di UEL Vietnam

Ketua Prodi Bisnis Digital IIB Darmajaya Jadi Dosen Tamu di UEL Vietnam


Sigerindo, Vietnam – Dosen Program Studi (Prodi) Bisnis Digital Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menjadi dosen tamu–visit lecture–di University Economics and Law (UEL), Selasa (27/4/2021).

M. Ariza Eka Yusendra, S.P., M.M., menyampaikan materi International Marketing Communication & Promotion kepada mahasiswa UEL secara daring melalui platform Google Meets.

Perkuliahan tersebut juga diikuti Kepala UPT Hubungan Internasional dan Kerjasama, Muhammad Dwiyan Aditiya, S.Pd., M.Pd. dan Perwakilan International Office UEL Vietnam Mr. Nguyen Huu Tinnh.

M. Ariza Eka Yusendra mengatakan komunikasi dan promosi pemasaran internasional memiliki konsep manajemen pemasaran untuk promosi yang berintegrasi antara satu dengan yang lain dan banyak elemen terlibat.

Salah satu isu pemasaran internasional yaitu bagaimana perusahaan level internasional memiliki cara promosi yang sesuai prosedur sehingga konsumen memiliki trust terhadap perusahaan tersebut. “Kemudian, menghindari kejadian yang tidak diinginkan. iklan, humas, dan bagian lain dari pemasaran harus menjadi kesatuan untuk promosi,” ungkapnya.

Ketua Prodi Bisnis Digital ini menerangkan perusahaan global banyak memercayakan untuk promosi iklan kepada agensi. Untuk muatan informasi yang disampaikan berupa pesan yang dipadukan dengan seni, fotografi, dan konten lainnya.


Ariza–biasa dia disapa–juga menjelaskan hubungan masyarakat atau humas juga membantu dalam melakukan promosi dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan. “Seorang humas juga mampu menguasai beberapa platform media seperti media sosial, televisi, atau media marketing lainnya,” tuturnya.

Berdasarkan perkembangan teknologi yang pesat, kata Ariza, lambat laun akan terjadi perubahan menyeluruh dalam pemasaran. Pemasaran digital akan menggantikan pemasaran tradisional dengan adanya kebiasaan masyarakat dalam waktu penggunaan gawai meningkat perharinya.

“Ini membuat sasaran dari konsumen ataupun masyarakat kebanyakan di gawai dengan platform yang tersedia,” ucap dia ketika menjawab salah satu pertanyaan mahasiswa UEL Vietnam.

Sementara, Kepala UPT Hubungan Internasional dan Kerja Sama IIB Darmajaya Muhammad Dwiyan Aditiya mengatakan kegiatan visit lecture ini bagian dalam meningkatkan wawasan dosen dalam pembelajaran di perguruan tinggi luar negeri. “Visit lecture juga bagian implementasi dari kerja sama IIB Darmajaya dengan perguruan tinggi mitra di luar negeri,” ungkapnya.

Dwiyan berharap kerja sama dengan perguruan tinggi mitra juga dapat meningkatkan kualitas IIB Darmajaya. “Adanya kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri juga untuk mendukung pembelajaran dalam meningkatkan kualitas lulusan IIB Darmajaya,” tutupnya. (*)