Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting




Camat Kluet Utara: MISBAH S. Ag Visi Dan Misi AZAM Galakkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Lewat Dunia Pertanian

Sigerindo Aceh Selatan- Camat Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan Misbah S Ag disaat menggelar kenduri sawah yang berlangsung Rabu (16/6/2021)bertempat di Gunung Pudung Kecamatan Kluet Utara mengatakan dimana pelaksanaan kenduri sawah sesuai visi dan misi Azam yaitu pemberdayaan ekonomi masyarakat, hal ini tepat dilakukan, bagaimana membudayakan masyarakat terhadap potensi petani sawah

Disebutkan lagi sawah bukan semata untuk makan, tapi lahan juga dapat dijadikan sebagai lahan bisnis.

"Yang kami inginkan untuk sekarang bukan panen serentak, tetapi yang kami inginkan garap lahan sawah itu dengan serentak, hal ini yang menjadi target kedepan untuk menjadikan Kluet Utara menjadi lumbung padi", tuturnya.

Kegiatan Kenduri Blang yang di laksanakan oleh 21 Gampong di Kluet Utara, yakni Gampong Gunong Pudung, Gampong Alur Mas, Gampong Ruak, Gampong Tinggi, Gampong Krueng Kluet, Gampong Pulau Kambing, Gampong Limo Purut, Kota Fajar, Gampong Krurng Batu, Gampong Simpang Empat, Gampong Pasie Kuala Bau, Gampong Simpang Lee, Gampong Keude Padang, Gampong Suak Gerenggeng, Gampong Jambo Manyang, Gampong Pulo ie 1, Krueng Bate, Gampong Gunong Pulo, Krueng Batee, Fajar Harapan, Pasie Kuala Asahan.
Kenduri ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar masyarakat petani. Sekaligus bentuk ujud syukur serta memohon pada Allah SWT agar meningkatkan hasil panen.


Camat Kluet Utara, Misbah S.Ag mengatakan, dijaman sekarang ini diera kemajuan, teknologi yang serba lengkap, pola kehidupan yang penuh tantangan, maka kita robah kebiasaan lama.Mari kita singsingkan lengan mari kita bertani demi terwujudnya kemakmuran dan kesejahteraan kita semua.

Sawah ini bukanlah semata-mata untuk makan, tapi lahan ini harus kita jadikan bisnis, untuk kebutuhan ekonomi, sebagai mana ditempat lain menggarap lahan setahun tiga kali, begitu juga seharusnya di Kluet Utara ini, harapnya.

Dengan faktor pendukung seperti traktor akan siap diambil ke Blangpidie, dan juga kepada Dinas terkait agar memberikan dua traktor yang rusak untuk diperbaiki, untuk menunjang menyangkut dengan garapan lahan serentak

"Kami minta kepada dinas terkait untuk mendukung keberhasilan ini kami minta perhatian penuh, kalau kami berhasil, Dinas terkait juga berhasil didalammya sesuai program bupati", jelasnya.

"Semoga apa yang kita inginkan diridhai oleh Allah", tutupnya
Dan juga dilanjutkan dengan tepung tawar aliran air irigasi gunung pudung agar air selalu lancar disaat berlangsungnya garapan lahan sawah serentak nantinya

Adapun kegiatan kenduri turun kesawah juga dihadiri, Camat Kluet Utara Misbah S. Ag, Kadis Pertanian, Yulizar SP Kabag pembangunan Setdakab Aceh Selatan, Willi, Kepala BPP, Kabig SDA PUPR Rima, Para Keuchik, Mukim dan Masyarakat, juga di isi dengan tahlilan ,Do’a serta diakhiri dengan makan bersama (Yunardi M.Is)
BERITA TERBARU