Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting



Demi Tercapainya Visi Dan Misi AZAM Camat Dan Keuchik Bahas Persiapan Kenduri Blang Sekaligus Garap Sawah Untuk Menanam Padi Serentak

Sigerindo Aceh Selatan- -Demi tercapainya visi dan misi AZAM Camat Kluet Utara, Misbah S.Ag bersama Para Keuchik dan Mukim duduk pakat membahas persiapan kenduri blang pada tanggal 16 Juni sebagai salah satu program turun ke sawah secara serentak untuk menanam padi .

Dan direncanakan pada tanggal 1 Juli 2021,dilaksanakan penggarapan lahan sawah secara serentak yang berlangsung , di Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan.

Adapun persiapan tersebut dibicarakan secara matang bersama para Keuchik dan Mukim masing-masing desa di Kluet Utara, Senin (14/6/2021) yang bertempat diwarkop kecamatan Kluet Utara.

Kenduri blang bermakna kenduri sawah yaitu acara syukuran disertai doa dan makan bersama yang dilaksanakan oleh para petani ketika musim tanam dimulai.

Tradisi ini dilakukan turun temurun oleh petani di Aceh Selatan, untuk mengharapkan berkah, sekaligus bermunajat kepada Allah agar sawah mereka bebas dari hama, saat musim tanam hingga panen tiba.

Para Kechik di Kecamatan Kluet Utara agar selalu Kompak dalam kegiatan turun sawah, supaya semua kegiatan berjalan lancar, begitu juga para mukim tetap bertanggung jawab pada wilayah kemukiman masing-masing.

Sementara itu Camat Kluet Utara, Misbah berharap kepada seluruh unsur yang berkaitan dengan kegiatan ini harus pro aktif. Demi terwujudnya tanam serentak.

"Hal ini dilakukan demi tercapainya visi dan misi AZAM, salah satu nya pemberdayaan ekokomi masyarakat", ujar Camat(YUNARDI. M. IS).
BERITA TERBARU