Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting


Mahasiswi Prodi SI IIB Darmajaya Kerjakan Proyek Akhir Aplikasi Android dalam Program Bangkit 2021


Sigerindo, Bandar Lampung – Dinda Alfikha Putri, mahasiswi Program Studi Sistem Informasi (SI) Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menjadi satu diantara 13 mahasiswa terpilih untuk mengikuti Program Bangkit tahun 2021 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI).

Dinda–biasa dia disapa–kini tengah menyelesaikan proyek akhir dalam Program Bangkit 2021. Adapun proyek tersebut dikerjakan bersama tim yang juga terpilih dari program Bangkit 2021. “Tim saya membuat aplikasi android. Aplikasi tersebut bernama Application Development for Central Regulation Documentation,” ucapnya.

Mahasiswi semester VI ini menjelaskan bahwa aplikasi android tersebut akan digunakan untuk memudahkan pengguna dalam mencari pasal atau undang-undang terbaru dari kebijakan pemerintah. “Jadi, tanggal 5 atau 6 April setiap mahasiswa mencari tim lalu mulai progres seminggu ke depan. Pengerjaan diberikan waktu hingga sebulan kedepan dan saat ini sudah 90 persen progresnya,” tuturnya.

Sebelumnya, lanjut Dinda, Program Bangkit ini setiap mahasiswa memasuki dua kelas yaitu Career Development dan Path. “Semua kegiatan dilakukan secara daring. Dinda masuk dalam Path Cloud Computing dari tiga path yang tersedia yakni Machine Learning, Cloud Computing dan Pemograman Android,” terangnya.

Mahasiswi yang pernah mengikuti Student Mobility dengan berkuliah di Nantong Vocational University (NTVU) Tiongkok ini menceritakan dalam mengikuti Program Bangkit di Path Cloud Computing menggunakan platform Dicoding, Coursera dan Qwiklab. “Setiap minggunya dengan platform Google Meet terdapat pembahasan materi dan tanya jawab serta kuis dari materi yang didapat selama kursus online,” bebernya.

Menurutnya, Program Bangkit 2021 sangat menguntungkan bagi mahasiswa. Selain terkonversinya 20 SKS juga dapat teman baru dan pengalaman juga. Peserta gratis ujian sertifikasi global berstandar Google dan tim yang terpilih dapat pengembangan lebih lanjut dari projectnya termasuk dana inkubasi hibah. “Setiap mengerjakan tugas dan aktif di kelas juga dapat poin yang bisa dikonversi merchandise berupa T-shirt, tumbler, jaket dan lain-lain yang bakal dikirim ke alamat kita,” jelasnya.

Untuk diketahui, sebanyak 13 mahasiswa IIB Darmajaya lolos dalam Program Bangkit 2021 dengan rincian mahasiswa Prodi Sistem Informasi (3), mahasiswa Prodi Teknik Informatika (9) dan mahasiswa Prodi Sistem Komputer (1). (**)
BERITA TERBARU