Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Presiden Jokowi Segera Resmikan Bendungan Way Sekampung Pringsewu, Kementerian PUPR Pantau Persiapan

Sigerindo, Pringsewu - Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat direncanakan akan meresmikan Bendungan Way Sekampung di Kabupaten Pringsewu.

Terkait hal tersebut, Direktur Operasi Bidang Infrastruktur Kementerian PUPR meninjau salah satu Proyek Strategis Nasional tersebut di Pringsewu, Selasa (08/06/2021), guna memantau persiapan peresmian.

Turut mendampingi kunjungan tersebut, Direktur Air Tanah dan Air Baku Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Ir.Iriandi Azwartika, Direktur Operasi Bidang Infrastruktur PT. PP (Persero) Tbk, Ir.Yul Ari Pramuraharjo, M.Si., dan General Manager Operation Infra 2, Apri Setiyawan, ST.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Operasi Bidang Infrastruktur Kementerian PUPR beserta jajaran didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Drs.Heri Iswahyudi, M.Ag. dan jajaran Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung, juga berkesempatan berkeliling ke sejumlah sudut lokasi, guna melihat dari dekat progres pembangunan Bendungan Way Sekampung.

Sekaligus meninjau pembangunan jembatan penghubung Kecamatan Pagelaran dengan Kecamatan Pagelaran Utara yang diproyeksikan menjadi jembatan terpanjang di Provinsi Lampung dengan panjang bentangan hampir 400 meter yang membentang di atas salah satu sudut genangan waduk Way Sekampung.

Direktur Operasi Bidang Infrastruktur Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja, ST, M.Sc., DEA pada kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pringsewu atas segala bantuan dan dukungannya bagi pembangunan Bendungan Way Sekampung, yang bermanfaat bukan hanya untuk generasi sekarang, namun juga untuk generasi yang akan datang.

Menurut Endra, manfaat dari keberadaan Bendungan Way Sekampung ini bukan hanya untuk keperluan irigasi yang akan mengairi sejumlah kabupaten/kota, namun juga untuk pemenuhan kebutuhan air baku di Kabupaten Pringsewu, serta dalam rangka pengendalian banjir. "Selain itu, Bendungan Way Sekampung ini juga akan menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat Kabupaten Pringsewu dan sekitarnya. Kami minta pemerintah daerah dan seluruh masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga dan merawatnya dengan baik, agar kelayakannya bertahan lebih lama, yang kesemuanya adalah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat", ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Drs.Heri Iswahyudi, M.Ag. mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Wakil Presiden KH.Ma'ruf Amin beserta Kementerian PUPR yang akan segera meresmikan Bendungan Way Sekampung. Pihaknya juga merasa senang dan bangga, karena juga mendapatkan pembangunan jembatan yang akan menjadi jembatan terpanjang di Provinsi Lampung. "Jembatan ini tentunya akan bermanfaat bagi masyarakat dan kami akan merawat dengan sebaik-baiknya", katanya. (Azs)
BERITA TERBARU