Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting




Meriah....!! Webinar Nasional Dekopin Lampung Berlangsung Sukses



Sigerindo, Bandar Lampung— Webinar Nasional Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Lampung yang digelar Kamis, 22 Juli 2021 secara daring berjalan sukses dan meriah. Webinar yang dimoderatori Ketua Dekopinwil Lampung Juniansyah, S.Mn.MM dihadiri sejumlah pegiat koperasi, pengusaha UMKM seluruh Indonesia, dan peserta milinial mahasiswa di Lampung. Turut hadir dalam Webinar Nasional tersebut Wakil Bupati Pringsewu DR. Fauzi.

Acara yang dimulai pukul 10.00-13.00, dibuka oleh Ketua Umum Dekopin yang juga sebagai Keynote Speaker, Dr. Sri Untari Bisowarno,M.AP. Pegiat koperasi wanita yang juga anggota DPRD Surabaya ini mengatakan pentingnya peran SDM dalam mengelola Koperasi. Menurutnya, koperasi maupun usaha jangan berpikir untuk mencari pinjaman hutang atau hibah bantuan dari pemerintah terlebih dahulu, tetapi sebaiknya mengandalkan modal atau kekuatan anggota terlebih dahulu. ”Jangan seolah-olah Koperasi tak bisa berdiri tanpa bantuan pemerintah atau hutang dari bank,” kata Dr.Sri Untari.

Sedangkan Prof. Nurdiono dalam materinya menyampaikan model ekosistem bisnis koperasi ke depan. Bagaimana membangun ekosistem koperasi berkelanjutan antara pemerintah, dunia kampus, perbankan dan industry. Selain itu, alumni S3 Gajah Mada ini mengingatkan agar usaha yang dilakukan koperasi sesuai apa yang dibutuhkan dengan menggunakan apa yang disediakan. “Jangan biarkan Koperasi bertarung sendiri,” kata Guru Besar Unila ini.

Pembicara lainnya CEO Darmajaya Corporation Davit Kurniawan yang lebih mengupas masalah digital marketing bagi koperasi. Bahkan Dosen IIB Darmajaya ini membuka kesempatan kepada koperasi dalam pembuatan system digital. Selanjutnya dosen Kewirausahaan Universitas Mitra Indonesia Ir.Umar Bakti, MM dalam materinya mengupas tentang strategi membangkitkan Jiwa Kreatif Bagi Koperasi dan UMKM saat Pandemi Covid-19. Menurutnya, ide kreatif yang sudah ada hendaknya dikembangkan sesuai realita yang ada sehingga dapat bermanfaat dan menguntungkan. “ Prinsip kreatifitas yang harus dikembangkan adalah Low Cost, High Impact,” katanya.


Akhir acara, Ketut Artanye,MTI sebagai penanggung jawab acara mengatakan para peserta webinar dapat memperoleh sertifikat maksimal 3 hari setelah acara selesai.” Jadi isilah form absensi sesuai Nama yang akan dicantumkan pada sertifikat,” kata kepala bidang Kerjasama IIB Darmajaya ini.

Sebelumnya, Ketua Dekopinwil Lampung Juniansyah, S.Mn., MM mengatakan acara Harkopnas ke-74 di Lampung selain menggelar Webinar Nasional, pihaknya juga menggelar Talkshow di TEGAR TV, dan bakti sosial mengandeng tiga kampus terbaik di Lampung yakni IIB Darmajaya, Universitas Mitra Indonesia, dan Stikes Panca Bhakti. Sedangkan webinar yang diselengarakan Dekopin Pusat menghadirkan pembicara tingkat nasional Ketua Umum Dekopin Dr Sri Untari Bisowarno MAP, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Ketua Bappenas Dr. (HC). Ir. H. Suharso Monoarfa, Wakil Ketua MPR RI Prof Dr Ir H Fadel Muhammad, dan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Aria Bima. (Humas Dekopinwil Lampung)

Wartawan: Humas Dekopinwil Lampung, Editor: Umar Bakti

 

BERITA TERBARU