Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting




Sarayulis Syam : Aspirasi Masyarakat Menjadi Dasar DPA 2022 di Desa Lhang

Sigerindo Aceh Barat Daya- Pemerintahan Gampong Desa Lhang Kecamatan Setia Kabupaten Aceh Barat Daya menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Gampong (Musrenbang) tingkat Desa untuk Tahun Anggaran 2022, Selasa (14/09/2022).

Musyawarah tersebut turut di hadiri seluruh aparatur Desa, anggota Tuha Peut, Tokoh Masyarakat Ibu ibu PKK, anggota Posyandu dan Posbindu, tokoh pemuda, kejrun Blang dan anggota senebok, serta dipandu oleh Imum Mukim Setia Ishak Huri, Robbi Sugara (PD-P), Roddi Satriamas (PD-TI), Helmi Masri (PLD), serta perwakilan Camat Setia.

Pejabat Keuchik Gampong Lhang Sarayulis Syam menjelaskan, Forum Musrenbang dilaksanakan untuk menggali berbagai permasalahan dan aspirasi masyarakat yang nantinya akan diusulkan dalam Rencana Kerja Pembangunan Gampong (RKPG) Tahun 2022.

“Forum Musrenbang ini kita adakan untuk menampung usulan program dari masyarakat, tidak hanya dalam bentuk fisik, tetapi juga aspek pemberdayaan dan pembinaan masyarakat,”ujarnya.

Dengan musyawarah sebut Sarayulis, maka aspirasi dan partisipasi semua elemen sangat penting untuk menjadi dasar penggunaan anggaran ditahun 2022,

"Perealisasian anggaran ditahun 2022 sangat berpedoman dari usulan kita hari ini, apa yang yang kita usul akan dimasukkan dalam Daftar Penggunaan Anggaran (DPA) nantiknya,"sebutnya.

Sementara itu, Mukim Setia Ishak Huri mengatakan, kegiatan Musrenbangdes merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan setiap tahunnya oleh pemerintahan gampong.

“Landasannya sudah tertuang dalam Perbup Abdya tahun 2022 dan aturan Kementerian Desa sehingga sudah menjadi sebuah kewajiban harus dijalankan,”jelas Mukim.

Ishak menjelaskan, bahwa anggaran ditahun 2021 sama sama kita ketahui realisasinya difokuskan untuk penanganan Covid-19 jadi tidak terpenuhi usulan yang dulu kita laksanakan, melalui musrembangdes ini kembali kita usulkan berbagai macam program yang menjadi prioritas pembangunan desa kita,

"Kita berharap bersama bahwa Covid-19 ini segera musnah dan perencanaan kita bisa terealisasi dengan apa yang kita harapkan, dan melalui Musrembangdes kita membangun Desa,"demikian sebut Mantan Kepala Desa Lhang ini.(Robi Iswandi).
BERITA TERBARU