Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting



Antisipasi Banjir, Babinsa Bersama Aparatur Desa Cek Debet Air Sungai Di Pante Ceureumin

Sigerindo Aceh Barat - Sebagai langkah antisipasi serta merupakan wujud kepedulian kepada warga di wilayah binaan saat musim hujan, Babinsa Posramil 05/PC Kodim 0105/Aceh Barat Serda Saifudin bersama Aparatur Desa dan mengajak warga untuk melakukan pemantauan debit air Sungai Krueng Meureubo tepatnya di Desa Keudai Suwa Awe Kecamatan Pante Ceureumin, Rabu (10/11/2021).

Meskipun disibukkan dengan aktifitas kesehariannya, Babinsa pada umumnya tetap dituntut dan diwajibkan untuk selalu memantau situasi perkembangan kondisi wilayah binaannya. Oleh sebab itu, dalam setiap kejadian apalagi bencana alam Babinsa harus mengaplikasikan temu cepat dan lapor cepat. Agar tidak kecolongan, Serda Saifudin mengajak Aparatur Desa untuk mengecek kondisi Sungai.

Pemantauan yang di lakukan Babinsa bersama Aparatur Desa terhadap keadaan air Sungai Krung Meureubo dengan mengajak beberapa orang warga setempat, mengingat di wilayah tersebut ada beberapa titik yang diperkirakan dapat terjadi banjir kiriman dari hulu Sungai. Apa lagi, keadaan cuaca saat ini tidak menentu.

"Sampai saat ini untuk volume air Sungai memang naik namun tidak begitu signifikan. Artinya masih dalam kategori wajar dan aman. Namun pengecekkan ini tetap Kita lakukan guna mengantisipasi mana kala tiba - tiba air naik. Untuk itu Kami juga melakukan koordinasi dengan sebagian warga yang bermukim di pinggir atau bibir aliran Sungai guna menghindari sesuatu yang tidak diinginkan", ungkap Serda Saefudin

Sedangkan Danposramil 05/PC Peltu Nasril Chaniago menuturkan, bahwa kegiatan pemantauan ini dilaksanakan untuk mengingatkan sekaligus menyerukan kepada masyarakat agar lebih waspada mengingat curah hujan masih tinggi hingga mengakibatkan air meluap ke Pemukiman.

Lebih lanjut, menurut Danpos sebagai seorang Babinsa sudah merupakan kewajibanya untuk selalu memperhatikan warganya di wilayah setiap saat. Apalagi seperti saat ini, setelah dilakukan pengecekan maka diketahui bahwa Sungai Krueng Meureubo ini debit airnya sudah naik melebihi dari batas normal karena hujan deras tadi malam yang mengguyur wilayah Kecamatan Pante Ceureumin dan sekitarnya. Akan tetapi tidak menimbulkan banjir ke pemukiman warga.

“Sebagai Aparat Teritorial, Babinsa bersama Aparat Desa tentu harus selalu mengetahui tentang situasi dan kondisi wilayah. Apalagi ini menyangkut bencana alam terutama banjir. Karena bencana alam tidak tahu datangnya kapan, namun Kita harus terus waspada. Dengan pemantauan ini diharapkan mampu untuk menyusun langkah-langkah guna mengambil keputusan apabila banjir tiba - tiba datang menerjang. Babinsa telah melakukan pemetaan dan pengendalian warga", Tutup Danpos
BERITA TERBARU