Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wakil Ketua DPRA Selenggarakan Turnamen Barsela Cup I

Sigerindo Aceh Barat Daya- Event turnamen sepakbola Barat Selatan (Barsela) Cup I yang memperebutkan total bonus Rp. 125 juta besok sore Selasa, (9/11) resmi bergulir di lapangan stadion mini Persada Aceh Barat Daya (Abdya).

Turnamen yang digagas oleh Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Safaruddin diikuti oleh 22 Club yang berasal dari Pantai Barat Selatan dengan sistem gugur penuh.

Wakil Ketua DPRA, Safaruddin menyatakan, turnamen Barsela Cup I tersebut sebagai upaya dirinya membantu memperlancar program vaksinasi yang saat ini sedang dilaksanakan oleh pemerintah pusat dalam rangka memutuskan mata rantai virus Corona atau Covid - 19.

"Selain untuk membangkitkan kembali dunia olahraga sepak bola yang sudah lama vakum, turnamen ini juga sebagai bentuk dukungan kita membantu pemerintah pusat dalam rangka percepatan vaksinasi covid - 19, karena ini juga bagian dari ikhtiar kita supaya wabah corona segera berlalu," ungkapnya saat diwawancarai sejumlah awak media usai berkoordinasi dengan unsur Forkompinda Abdya terkait penyelenggaraan turnamen tersebut di Mapolres setempat, Senin (8/11/2021).

Bentuk upaya dalam membantu menyukseskan program vaksinasi, kata dia, bagi warga yang hendak menonton diwajibkan membawa bukti sertifikat surat vaksinasi minimal tahap I. Jadi, bagi yang belum vaksin tidak diperbolehkan menonton didalam stadion sebelum warga tersebut belum disuntik vaksin.

Namun, bagi masyarakat yang sudah hadir di stadion tetapi belum vaksin nanti bisa dilaksanakan vaksinasi dilokasi stadion, karena pihak panitia juga membuka gerai vaksinasi gratis sehingga warga yang sudah siap vaksin diperbolehkan menyaksikan secara langsung jalanya pertandingan didalam stadion.

"Vaksin ini perlu, supaya masyarakat terlindungi dari wabah covid - 19, sehingga nantinya masyarakat kembali bisa beraktifitas kembali seperti sebelum covid -19," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia penyelenggara Turnamen Barsela Cup I Zulkarnain mengatakan, meskipun penonton wajib membawa sertifikat vaksin, namun jumlah penonton memasuki stadion juga dibatasi dengan kuota keseluruhan 200 orang, yang terbagi masing-masing klub minimal 50 orang dan 100 orang lagi diberikan bagi penonton yang duluan hadir ke stadion persada.

"Dalam pelaksanaan vaksin di lokasi stadion, warga yang tidak mau vaksin tidak akan dipaksa harus vaksin oleh panitia, akan tetapi masyarakat yang tidak mau divaksin tetap tidak akan diperbolehkan masuk kedalam stadion, karena ini memang aturannya, jadi kita tetap jalankan aturan sebagaimana mestinya. Kemudian didalam kita juga menerapkan prokes ketat dengan menggunakan masker," katanya.

Kemudian, kata dia, turnamen bergengsi itu memperebutkan total bonus senilai Rp. 125 juta, dimana nantinya tim berhasil keluar juara I akan mendapatkan hadiah uang berserta tropi Rp. 50 juta, sementara juara II akan mendapatkan Rp. 30 juta sementara juara III dan IV nantinya akan menerima hadiah bersama dengan masing-masing club meraih hadiah Rp. 15 juta.

Sedangkan mekanisme permainan, kata Safaruddin, dalam satu hari akan diadakan dua kali pertandingan dimana permainan pertama dimulai pukul 14.30 Wib dan permainan kedua 16.00 Wib hingga selesai dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

"Kami berharap kepada semua masyarakat Abdya memberikan dukungan dalam pelaksanaan turnamen ini, sehingga turnamen ini bisa terselenggara dengan sukses, dan bisa menjadi pembuka jalan bagi turnamen lain yang belum terselenggara," pungkasnya.(Roby)
BERITA TERBARU