Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Way Kanan Terima Penghargaan KLA Tahun 2022 Kategori Nindya

Sigerindo Way Kanan-Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Indra Kesuma, S.Sos menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2022 Kategori Nindya yang diserahkan langsung oleh Menteri PPPA RI, Bintang Puspayoga.

Acara penganugerahan apresiasi Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2022 berlangsung di Hotel Novotel Bogor, Jawa Barat, Jum’at (22/07/2022).

Pada acara tersebut, Kabupaten Way Kanan berhasil naik dua tingkat dari penghargaan sebelumnya yaitu mendapatkan Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2022 Kategori Nindya.

Way Kanan adalah satu satunya Kabupaten/kota di Provinsi yang meraih predikat Langsung melompat 2 tingkat, Dari kategori pratama tidak melalui kategori Madya lagi
Tetapi skornya langsung naik kategori Nindya

Sebelumnya Kabupaten Way Kanan pada Tahun 2019 dan Tahun 2021 mendapatkan Predikat Kabupaten Layak Anak Kategori Pratama, yang selanjutnya kembali mengikuti evaluasi penilaian Kabupaten layak Anak dengan skor mandiri 927,1.

Setelah dilakukan verifikasi administrasi oleh Kementerian PPPA, skor berubah menjadi 688,0. Sehingga Kementerian PPPA melakukan Verifikasi Lapangan Hybrid KLA terhadap Kabupaten Way Kanan untuk penguatan data atau dokumen pendukung dari OPD dan Instansi Vertikal terkait KLA yang telah diinput pada evaluasi mandiri KLA di Bulan Maret 2022 lalu.

Penghargaan KLA diberikan kepada Daerah yang mempunyai komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak, melalui proses evaluasi yang dilakukan oleh Tim dari Kementerian PPPA Republik Indonesia, Tim dari Kementerian/Lembaga dan Tim Independen.

Evaluasi dilakukan untuk mengukur capaian kinerja pelaksanaan 24 Indikator yang telah ditetapkan. Penghargaan KLA terdiri dari 5 Peringkat, yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama dan KLA.

Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya menyampaikan Ucapan Terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang terlibat, sehingga Kabupaten Way Kanan dapat meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak dengan Peringkat Nindya.

"Semoga pemenuhan hak-hak anak di Kabupaten Way Kanan semakin baik dan menjadi inspirasi serta penyemangat untuk lebih meningkat kan kinerja lagi di tahun mendatang," kata Adipati.

Senada, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Indra Kesuma, S.Sos mengatakan Alhamdulillah Kabupaten Waykanan sukses meraih Penghargaan KLA kategori Nindya th 2022 dari Kemen PP-PA Republik Indonesia.

"Terimakasih juga Kepada Pak Wakil Bupati Alirahman Dan Sekdakab Saipul selaku ketua gugus tugas dan seluruh team gugus tugas KLA Way Kanan, atas dukungan dan kerjasamanya, serta mohon bantuan dan dukungannya juga untuk mempertahankannya pada tahun berikutnya," kata Indra Kesuma. (Deki)
BERITA TERBARU