Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inisiasi Aksi & Sosialisasi Trash Hero Indonesia hadir di Borobudur

Sigerindo Jawa Timur-Program Trash Hero Indonesia (THI) di Borobudur, dimulai setiap sabtu pagi, ada kegiatan RESIK RESIK BOROBUDUR, sejak kedatangan Ketua THI Wayan Aksara (5/08/2022).

Sebagai bentuk inisiasi masyarakat turut dalam menjaga Kawasan Borobudur bebas dari sampah plastik maka THI (Trash Hero Indonesia) sudah memulai aksi sosialisasinya dikawasan tersebut.

Acara Aksi dan Sosialisasi di Candi Borobudur Pagi, Jumat Pon, 5/8/2022, yang dipimpin langsung oleh Ketua THI, Wayan Aksara juga berkesempatan bertemu dgn Bapak Drs. Fitra Ardha, M. Hum selaku Sesditjebud (Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan) dan Ibu Wiwit Kasiyati, S.S, MA (Kepala Kantor Balai Konservasi Borobudur beserta Stafnya, yang berlangsung dengan lancar.

Selain aksi bersih bersih sampah plastik dalam aksi juga dilakukan sosialisasi dan edukasi kepada para pengunjung.

Agenda Aksi Selanjutya :

Perjalanan membangun kesadaran dan kebersihan lingkungan hidup oleh Wayan Aksara Ketua THI ini, merupakan roud shownya dari Surabaya, Madura, Magelang pastinya JUGA ke Kawasan Borobudur, terus ke Yogyakarta dan Solo.

Wayan Aksara menjelaskan "Aksi akan di agendakan setiap hari Sabtu pagi yang bekerjasama dgn Kantor Balai Konservasi Borobudur".

Pertemuan Wayan Aksara dengan Mbah Coro 20 Thn Ruwat Rawat Borobudur.

"Ada sebuah kesepakatan bersama dimana Borobudur harus di jaga secara fisik dan JIWAnya. Tapi kemarin lebih fokus pada dukungan kegiatan edukasi dan aksi Trash Hero Indonesia dalam istilah beliau yaitu ruwat rawat borobudur, " begitu penjelasan Wayan Aksara, disertai penyerahkan tanda kado persahabatannya, berupa Kaos Kuning bertulis THI Trash Hero Indonesia kepada Mbah Coro, salah satu Sesepuh Kawasan Borobudur, yang sudah secara ajeg, konsisten, persisten bersama sama dengan Kawan Kawan Seperjuangan Seperjalanannya dan semua pihak yang terkait di Kawasan Borobudur, dari Pusat, Daerah dan Jajaran Pimpinan terkait Kawasan Borobudur, atas bentuk Cinta Bhaktinya selama 20 Thn melakukan aktivitas Ruwat Rawat Borobudur tersebut.

Berbarengan dengan Acara Komunitas 20 Ruwat Rawat Borobudur sehari sebelumnya.

Topic: Undangan .Rapat Evaluasi kegiatan Malam 1 Suro RRB, Kamis 4 Agustus
Time: 10.00-12.00
Tema . Mengembalikan Spiritualitas Borobudur melalui Tradisi
Join Zoom Meeting
https://us02web.zoom.us/j/89926751750?pwd=Vmw1NDh0cm9STHl1aVBhdW90dUhBQT09
Meeting ID: 899 2675 1750
Passcode: pusaka

*Sinergitas Momentum Yang Tak Biasa 2022*

Puncak KTT G20 Bidang Kebudayaan Digelar di Candi Borobudur dengan Ruwatan Bumi

Kebudayaan menjadi salah satu agenda yang dibahas dalam Presidensi G20. Mendikbudristek Nadiem Makarim mengatakan, pembangunan kebudayaan akan melengkapi pendekatan ekonomi.

Dalam pertemuan kedua Pejabat Tinggi G20 bidang Kebudayaan, Indonesia menawarkan konsep Dana Global untuk Pemulihan Seni dan Budaya.

Pendanaan global seni dan budaya itu sebagai bentuk bantuan bagi pelaku budaya yang terdampak pandemi, serta untuk memperluas penerapan gaya hidup yang berkelanjutan.

“Pertemuan bidang Kebudayaan mengusung sejumlah agenda prioritas yakni, peran budaya dalam mendukung kehidupan yang berkelanjutan,” kata Nadiem, Rabu, 20 Juli 2022.

Agenda prioritas itu juga untuk menangani dampak ekonomi, lingkungan, dan sosial dari kebijakan berbasis budaya. Selain itu, sumber daya kebudayaan juga akan dikelola di tingkat lokal.

“Mobilisasi sumber daya internasional untuk pemulihan berkelanjutan sektor seni dan budaya juga jadi agenda prioritas,” jelas Nadiem.

Puncak pertemuan tingkat Menteri Kebudayaan dunia akan digelar di candi Borobudur pada 12-13 September 2022. Bersamaan dengan pertemuan puncak Menteri Kebudayaan dunia, Bidang Kebudayaan Mendikbudristek akan menggelar Ruwatan Bumi sebagai puncak dari rangkaian Ruwatan Nusantara.

Saat ini, Ditjen Kebudayaan, Kemendikbudristek tengah menggelar sejumlah program antara lain Ruwatan Nusantara di berbagai lokasi di Indonesia.

“Ruwatan Bumi akan diselenggarakan di Kawasan Candi Borobudur pada perhelatan pertemuan tingkat Menteri Kebudayaan,” kata Nadiem Makarim.
BERITA TERBARU