Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Antisipasi Penyebaran Penyakit DBD, PRB Sultra Serukan Fogging Nyamuk Sebagai Langkah Preventif

Sigerindo Kendari - Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Sulawesi Tenggara (Sultra) menyerukan kegiatan fogging nyamuk sebagai langkah preventif dalam mengantisipasi penyebaran penyakit Demam Berdarah (DBD).

Menurut Ketua Forum PRB Sultra, Yudianto Mahardika, kegiatan yang dilakukan di Kompleks BTN l, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, kota Kendari hari ini bertujuan untuk melindungi masyarakat setempat dari risiko DBD.

"Kegiatan kita hari ini adalah melakukan fogging nyamuk di daerah atau lingkungan tempat tinggal warga. Senin sampai Jumat, kita fokus di sekitar perumahan warga, sementara hari Sabtu dan Minggu, target kita adalah sekolah-sekolah, karena bertepatan dengan hari libur anak sekolah" Ujar Yudianto Mahardika, Senin 22 Januari 2023.

Lanjut, Yudi juga menambahkan bahwa upaya fogging ini baru pertama kali di lakukan di sekitar perumahan warga, namun sebelumnya sudah dilakukan di 2 sekolah, yaitu SDN 84 Kendari dan SMPN 1 Kendari.

Setelah kegiatan hari ini, Forum PRB Sultra masih akan terus bergerak ke beberapa lokasi, termasuk jalan Anawai, Tunggala Dalam, Baito, BTN BIP Tunggala, dan BTN Permata Anawai di Kecamatan Wua Wua.

"Kami juga akan kembali bergerak di beberapa lorong dan jalan lainnya, seperti lorong Jitu Wua Wua Kelurahan Mataiwoi, lorong sinar surya, jalan Tandukila Mataiwoi, jalan Chairil Anwar, dan jalan Budi Utomo, serta Asrama Haji Kendari," jelasnya

"Kalau untuk Fogging di sekolah-sekolah kami masih koordinasikan, jadi mungkin nanti hari sabtu atau minggu lah keputusannya dimana," Imbuhnya

Lebih lanjut, kata Yudi, Kegiatan fogging ini dilakukan tanpa melibatkan Pemerintah Kota (Pemkot), namun Forum PRB Sultra menjalin koordinasi erat dengan masyarakat setempat. Setelah fogging di lingkungan sekolah, permintaan warga untuk melakukan fogging juga di tempat tinggal mereka meningkat.

"Jadi kaya kemarin setelah kita habis lakukan fogging di lingkungan sekolah, banyak juga permintaan warga untuk fogging juga di daerah-daerah tempat tinggal mereka," Pungkasnya

Ditempat yang sama, Warga Kompleks BTN 1 Kelurahan Bende Kecamatan Kadia kota Kendari, Andi Muhammad Ilham, menyatakan terima kasih dan apresiasi Yudianto Mahardika yang telah berkontribusi dalam melawan masalah nyamuk di lingkungan mereka. Meskipun kata dia, belum ada laporan kasus DBD di wilayah tersebut.

"Terima kasih untuk Pak Yudi karena sudah datang ke sini. Memang di sini banyak nyamuk. Untuk saat ini belum ada warga dari sini yang terkena DBD, tapi kita lakukan antisipasi dulu sebelum terkena," ujar Andi Muhammad Ilham 
BERITA TERBARU