Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Volume Talud Jajaran Baru 'Dicurigai'


Sigerindo Musirawas - Volume talud dari Dinas PU Bina Marga, Kabupaten Musirawas, Provinsi Sumatera Selatan yang dibangun melalui kegiatan Peningkatan Jalan Jajaran Baru – Kelingi IV, C – SP, 4 Campur Sari, Kecamatan Megang Sakti, Musirawas patut 'Dicurigai'.

Informasi yang diterima dari sumber yang namanya ingin dirahasiakan mengatakan, terkait pembangunan talud tersebut patut 'Dicurigai'. Sebab, ada dugaan panjang talud tidak sesuai pada Rencana Anggaran Belanja (RAB). Selain itu, spesifikasi pembuatan talud juga dipertanyakan.

"Lebih jelasnya silahkan tanya langsung sama Aulia, selaku Pengawas dalam kegiatan itu," sarannya, Senin (12/6).

Dari data Rekapitulasi Pelaksanaan Anggaran Dana Alokasi Khusus tahun 2016 yang tercantum pada e-Monitoring Kementerian Pekerjaan Umum, Provinsi Sumatera Selatan, bahwa anggaran untuk Peningkatan Jalan Jajaran Baru – Kelingi IV, C – SP, 4 Campur Sari sebesar Rp. 9.261.200.000 dengan nilai kontrak senilai Rp. 8.315.910.000, sementara kuantitas sepanjang 1,95 kilometer. Sedangkan, untuk progres Keuangan sebesar 89,79. Adapun progres fisiknya mencapai 100 persen.

Kepala Desa (Kades) Campur Sari, Efendi saat dihubungi melalui telpon genggamnya di nomor 085266229xxx mengaku, Pembangunan talud itu satu paket dengan pembuatan Jalan Cor Beton dari Dana DAK, hanya saja panjang talud yang dibangun berbeda dengan jalan. Panjang talud yang dibangun sekitar 300 meter, dengan tinggi talud bervariasi dari 1 meter lebih, hingga ada yang ketinggian talud mencapai 3 meteran,

”Panjang talud yang dibangun sesuai dengan yang digali oleh Eskavator, Sedangkan talud bagian sebelah kiri dari Desa Campur Sari, Panjangnya tidak sama dengan talud sebelah kanan, Sebab talud sebelah kiri dibangun dekat talud yang sudah ada (Bangunan Lama)," kata dia.

Selain itu, untuk panjang jalan yang dikerjakan sekitar 1,800 meter dengan lebar jalan sekitar 4 meter. Sedangkan, untuk tebal badan jalan sekitar 30 centimeter. Lanjut dia, titik nol pekerjaan yang dikerjakan oleh Roda Mas.

"Mulai dari Desa Jajaran Baru II, sampai ke awal Jembatan Sungai Lakitan, tempat berakhirnya pekerjaan itu," jelas Kades.

Bedasarkan data LPSE tahun 2016, Dinas PU Bina Marga Musirawas, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Inspraktuktur Publik Daerah (IPD) sebesar Rp 9.261.200.000, untuk Kegiatan Peningkatan Jalan Jajaran Baru – Kelingi IV, C – SP, 4 Campur Sari yang dimenangkan oleh PT Rama Rinda Pratama. (Frm/Yzr)
BERITA TERBARU