Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dodi: Tindak Tegas PKL Bandel


Sigerindo Muba - Bupati Musi Banyuasin (Muba), H Rodi Reza Alex usai sidak instansi di lingkungan Pemkab Muba, melanjutkan tinjau kondisi Pasar Randik Pasca penertiban   Pedagang Kaki Lima (PKL) di sepanjang Jalan Kapten A Riva’i (Talang Jawa), Jalan Letnan Munandar dan Seputaran Pasar Perjuangan Sekayu, yang ditertibkan pada hari Minggu  kemarin.

Kepala Disperindag Kabupaten Muba, H Zainal Aripin ST MM melaporkan, dari hasil penertiban Minggu kemarin kendala yang ditemukan, di pasar talang jawa masih ada embrio pasar pribadi sehingga masyarakat/pembeli masih banyak berbelanja di talang jawa. Kemudian kejadian sekarang,  di pasar randik hanya beroperasi dari jam 00:00 sampai jam 03:00 pagi saja  setelah itu pedagang pindah kembali lagi ke pasar talang jawa.

"Para pedagang berasumsi pindah kembali dikarenakan sepi pembeli, akibatnya pasar di Randik dikosongkan kembali oleh para pedagang, "jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Muba didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Muba, Drs H Apriyadi MSi  mengatakan, penertiban pasar ini memang sejak dahulu tidak dituntaskan, kita Pemkab terkesan membiarkan oleh karena itu sekarang Pemkab Muba harus tegas, jangan dibiarkan saja karena semakin lama makin banyak PKL menyebabkan kota Sekayu tidak rapi.

"Pada dasarnya kami Pemkab tidak ingin keras kepada PKL, namun telah dilakukan sosialisasi dan himbauan, tapi masyarakat masih saja melanggar maka mau tidak mau kita jalankan mekanisme yang ada, maka PKL harus patuhi peraturan dan tentu tujuan penertiban ini untuk kepentingan kita bersama,  penegakkan hukum musti jalan karena percuma saja hanya menghimbau tanpa penegakkan hukum,  "tukasnya.

Saat meninjau gedung lokais Pasar Randik, Kamis (23/8/2018), Dodi juga menghimbau kepada pemilik pasar pribadi yang ada di talang jawa untuk bekerja sama dan saling pengertian dengan Pemkab agar PKL tidak lagi kembali kesana.

"Ayo kita kerjasama dan cari solusi agar PKL tidak kembali  lagi kesana, penertiban ini harus jalan, kita tidak ingin pedagang pasar basah ada disana. Saya mengajak semua komponen terkait dan masyarakat setempat untuk mendukung,  setelah penertiban siapkan petugas untuk jaga 24 jam lokasi disana, "ujarnya.(Iwan)
BERITA TERBARU