Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Takut Gemuk? Masak Nasi Dengan 3 Cara Ini


Dahulu, mungkin kita tidak terlalu peduli mau makan nasi sebanyak apapun, teori lama meyakini kegemukan disebabkan oleh makanan berlemak, tapi tidak untuk saat ini. Karena ternyata gula dan karbohidrat lah yang menyebabkan kegemukan, padahal nasi adalah makanan pokok orang Indonesia.

Kandungan karbohidrat pada nasi akan menjadi kalori bagi tubuh kita yang nantinya jika tidak habis terbakar akan diubah oleh tubuh menjadi lemak.

Hal itu tentu menjadi dilema bagi orang Indonesia, terutama para cewek yang kemudian membatasi konsumsi nasi. Tapi ternyata ada cara untuk mengurangi jumlah kalori dari nasi. Seperti dilansir laman sciencealert.com, berikut 3 langkah yang bisa dilakukan.

1. Menambahkan sesendok minyak kelapa
prosourcecoconut.com

Jumlah minyak kelapa yang ditambahkan untuk mendapatkan hasil yang optimal adalah sebanyak 3 persen dari berat nasi yang akan dimasak. Kira-kira, satu sendok untuk setiap canting beras.

2. Didihkan Air Terlebih Dahulu
expertbeacon.com

Jika selama ini anda memasak nasi bersamaan dengan airnya, kali ini anda sebaiknya mendidihkan dulu airnya yang telah ditambah minyak kelapa, kemudian baru masukan berasnya ke dalam air mendidi. Masak selama 8-10 menit.

3. Masukan ke Kulkas
thewirecutter.com.jpg

Setelah nasi anda masak, masukan nasi anda ke dalam kulkas selama 12 jam. Jika anda ingin memakannya, anda bisa memanaskannya kembali di microwave.

Cara tersebut terbukti secara ilmiah berhasil menurunkan kadar kalori dalam nasi sebesar 50-60 persen. Jika dijelaskan secara kimia, ada reaksi yang mengubah struktur karbohidrat yang terdapat pada nasi dengan perlakuan tersebut. Nah dengan cara itu, sekarang anda dapat makan nasi sesuai selera anda tanpa takut gemuk.
BERITA TERBARU