Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kombinasi Musik Dan Olahraga Bisa Menghilangkan Rasa Sakit


Sigerindo Lifestyle - Tim ilmuwan dari Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Sciences (MPI CBS) di Leipzig, Jerman, berhasil menciptakan alat olahraga yang mampu membantu mengurangi rasa sakit.

Temuan yang mengejutkan, bagaimana tubuh ternyata merespon positif gerakan olahraga dan musik bersamaan membuat tubuh dapat mentolerir rasa sakit fisiknya. Seperti dilansir laman sciencedaily.com.

Alat olahraga tersebut dinamakan Jymmin, menjadi alternatif baru untuk  membantu menghilangkan rasa sakit atau terapi rasa sakit akibat cedera fisik dan sejenisnya.

Metode yang diterapkan pada alat olahraga tersebut adalah dapat mengeluarkan suara musik tertentu saat digunakan untuk berolahraga. Suara musik yang dikeluarkan bermacam-macam, berbeda dengan setiap bentuk alat olahraganya.

Thomas Fritz, kepala kelompok penelitian tersebut mengatakan bahwa sebelumnya ilmuwan syaraf sudah tahu bahwa olahraga dapat meningkatkan ambang batas rasa sakit kita. Dan dengan dikombinasikan secara tepat dengan musik, maka tubuh memiliki tingkat tolerir yang tinggi terhadap rasa sakit dan memberikan efek yang lebih kuat.

Para ilmuwan telah membagi dua puluh dua peserta tersebut sesuai dengan bagaimana mereka menilai rasa sakit. Memang, peserta dengan ambang rasa sakit tertinggi mendapat manfaat paling banyak dari metode pelatihan ini. Ini bisa jadi karena pelepasan endorfin mereka yang lebih efektif dibandingkan dengan mereka yang lebih sensitif terhadap nyeri.

Meski demikian, menurut peneliti, metode kombinasi tersebut tingkat efektivitasnya juga tergantung dengan mood dan motivasi seseorang untuk bisa mendapatkan efek yang lebih.

Ricky Jenihansen B
BERITA TERBARU