Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ganyong Produk Lokal Banyuasin Kaya Karbohidrat

Sigerindo Banyuasin Pelajau – Pembinaan dan penilaian 10 program pokok PKK dan usaha peningkatan pendapatan keluarga (UP2K) Kabupaten Banyuasin dilakukan di Desa Pelajau, Kecamatan Banyuasin III, Kamis (23/07/2020).

Desa Pelajau merupakan desa yang kaya akan hasil tanaman ganyong. Ganyong adalah tanaman umbi yang dapat menjadi sumber pangan alternatif karena kandungan pati (karbohidrat) yang tinggi. Umbi ini juga kaya akan protein, kalori, lemak, vitamin c, vitamin B1, fosfor, kalsium dan zat besi. Karena kandungan pati yang tinggi inilah dapat menjadi pengganti nasi.

Oleh karena itu, upaya untuk mengembangbiakkan tanaman ganyong inilah yang digalakkan oleh TP PKK Kabupaten Banyuasin.

Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Camat Banyuasin III, Dra. Yuni Khairani, M.Si bahwa Ganyong di desa Pelajau telah menjadi alternatif olahan untuk bahan makanan.

“Kami terus berupaya bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Banyuasin melalui PKK agar Ganyong ini dapat menjadi komoditi baru yang dapat bermanfaat baik bagi kesehatan, pengganti nasi dan untuk peningkatan usaha pendapatan keluarga,” ucapnya.

Hal ini disambut baik oleh ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, dr. Sri Fitriyanti Askolani. Ganyong menjadi olahan utama dari desa Pelajau, yang kita ketahui sangat baik untuk kesehatan. Akan terus dibudidayakan dan kedepan harus ada inovasi agar ganyong ini selalu ada sebagai kebutuhan pokok selain nasi.

“Desa pelajau sudah diketahui olahan ganyongnya telah berupa tepung yang dapat dijadikan campuran untuk membuat brownis, donut dan lainnya. Ini produk olahan yang kaya akan manfaat, menjadi tugas kita agar produk olahan lokal dapat dikenal dan dipasarkan dengan baik,” jelasnya.

“Untuk itu TP PKK Kabupaten Banyuasin bersama Dinas Koperasi dan Perdagangan saat ini berupaya agar ditahun 2021 nanti setiap kecamatan akan memiliki PKK Mart. Tapi untuk pertama kali akan dibangun dulu di Kabupaten yang akan bertempat di Pangkalan Balai,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini juga diberikan 100 paket sembako bagi warga yang kurang mampu.

Turut hadir Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, Hj. Neni Triharyani Slamet, Ketua DWP Kab. Banyuasin, Hj. Hamida Senen Har, Ketua TP PKK Kec. Banyuasin III, Eva Susanti, Ketua TP PKK Desa Pelajau, Suhaimi, Pengurus TP PKK Kabupaten dan Kec. Banyuasin III (Derry)
BERITA TERBARU