Kembangkan Koperasi, HA-IPB Lampung Bentuk Bisnis Coaching dan Wirausaha Mandiri - SIGERINDO.COM

Kembangkan Koperasi, HA-IPB Lampung Bentuk Bisnis Coaching dan Wirausaha Mandiri

Kembangkan Koperasi,  HA-IPB Lampung Bentuk Bisnis Coaching dan Wirausaha Mandiri


Sigerindo, Bandar Lampung—Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (DPD HA IPB) Lampung membuat program bisnis coaching bagi masyarakat dan para alumni. Selain itu, DPD HA-Alumni akan mendirikan bisnis alumni yang dikelola bersama melalui Koperasi Alumni secara professional.

Demikian beberapa program kerja pengurus DPD HA-IPB Lampung yang terungkap saat Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I secara virtual Minggu (03/01-2021) lalu. Hadir pada acara tersebut antara lain BPH, kepada bidang dan seluruh pengurus yang telah dikukuhkan pada bulan Desember 2020 lalu.

“Alumni IPB sudah sangat familiar dengan aktivitas bisnis, bahkan sejak masih berstatus mahasiswa sudah memulai menjalankan aktivitas bisnis. Tak sedikit alumni IPB yang memiliki prestasi dalam dunia usaha dan sukses di usia muda lantaran bisnis yang digelutinya. Ke depan, pengurus HA-IPB Lampung akan membuat semacam market place sebagai wadah promosi bagi produk bisnis alumni,” kata Ketua Bidang 5 Ir. Cepi Mangkubumi yang akrab dipanggil Kang Cepi.

Program kerja lainnya yang dicanangkan pengurus DPD HA IPB Lampung pada tahun 2021 ini diantaranya memperkuat database alumni IPB se-Provinsi Lampung berbasis teknologi dan informasi alumni yang akurat dan terupdate. Melalui penguatan database alumni, diharapkan kerja organisasi alumni bisa maksimal dalam memetakan potensi alumni diberbagai sektor. Selain itu database sangat berperan dalam membangun relationship alumni dan evaluasi sebaran alumni di Provinsi Lampung.

Selanjutnya untuk mendukung program petani berjaya, DPD HA IPB Lampung mencanangkan program Farmer care yang langsung berdampak langsung kepada petani seperti teknik budidaya pertanian, pengolahan pasca panen dan akes pemasaran produk pertanian. Program farmer care diharapkan menjadi sarana pengabdian alumni IPB dalam baentuk pendampingan Kelompok wanita Tani (KWT), pendampingan petani dan lain sebagainya. Selain itu farmer care sebagai wadah alih teknologi terbarukan bagi petani di Provinsi Lampung. Program kerja lainnya terutama saat pandemi covid 19, pengurus DPD HA IPB Lampung merespon perubahan melalui perkembangan teknolgi dan informasi. “Kita juga akan menggelar diskusi-diskusi online diantaranya ruang podcas alumni. Ruang podcas alumni ini bertujuan untuk membahas isu-isu sektor pertanian di Provinsi Lampung sehingga menjadi masukan dan rekomendasi bagi Pemerintah daerah,” katanya.

Sedangkan Ketua DPD HA-IPB Lampung Ir. Agus Wahyudi dalam sambutannya mengatakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) bertujuan merumuskan rencana aksi (action plan) program kerja untuk bersinergi membangun Lampung khususnya, serta membangun bangsa dan negara pada umumnya sehingga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan baik di daerah maupun di tingkat nasional. “Diharapkan program kerja yang akan ditetapkan ini mempunyai dampak langsung dalam pembangunan disektor pertanian, mengingat Provinsi Lampung merupakan daerah yang memiliki potensi pertanian yang sangat besar,” katanya.

Dijelaskan Agus, HA-IPB Lampung memiliki SDM yang sangat banyak dan sangat bisa diandalkan. “ Kita harus bisa mengemas program kerja yang akan kita tetapkan hari ini sesuai dengan kebutuhan daerah dan masyarakat,” katanya.

Program kerja yang telah ditetapkan akan menjadi evaluasi kinerja kepengurusan tahun 2020-2024. Untuk itu, usai penetapan rencana kerja pengurus harus segera gerak cepat merealisasikan program kerja yang telah disepakati bersama. “Saatnya alumni IPB menunjukkan kiprahnya untuk mewujudkan cita-cita almamater untuk Lampung Berjaya.” (RLS-HA IPB)