WoW Keren, Petani Lampung kini Makin Pintar dan Milenial (Kerjasama DPD HA-IPB Lampung-BPP Lampung) - SIGERINDO.COM

WoW Keren, Petani Lampung kini Makin Pintar dan Milenial (Kerjasama DPD HA-IPB Lampung-BPP Lampung)

WoW Keren, Petani Lampung kini Makin Pintar dan Milenial   (Kerjasama DPD HA-IPB Lampung-BPP Lampung)


Sigerindo, Bandar Lampung—Bukti kiprah DPD HA IPB Lampung bersama Badan Pelatihan Pertanian (BPP) Provinsi Lampung dalam membantu program pemerintah Lampung--menuju Petani Berjaya-- membentuk Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S). Dengan adanya P4S ini diharapkan dapat mendorong petani milineal di Kabupaten/kota di Lampung untuk bisa dibina menjadi petani-petani yang handal dan professional.

“Pada tahap awal, Pusat Pelatihan Pertanian Swadaya ini akan di fokuskan di beberapa titik Kabupaten/kota. Sementara ini kita akan bentuk di Kabupaten Lampung Tengah, Tanggamus dan Lampung Timur", kata Dr.Ir.Roni Angkat Kepala balai pertanian termuda ini.

Ia juga mengatakan, kedepan para petani milenial ini nantinya tidak saja diberikan pelatihan dalam negeri, tetapi kita upayakan dan rencanakan akan dikirim ke luar negeri melalui progam yang ada di Kementrian Pertanian, setelah kembali akan dilibatkan untuk membina para petani guna mendukung program petani berjaya di Provinsi Lampung.

Pembentukan P4S ini diawali dengan pertemuan pengurus DPD HA IPB Lampung dengan BPP Lampung pada Rabu, 6 Januari 2020 di Sekretariat DPD HA IPB Lampung. Hadir pada pertemuan tersebut Ketua DPD HA IPB Lampung Ir.Agus Wahyudi, Kepala BPP Lampung Dr.Ir.Roni Angkat, M.Si dan sejumlah petani milenial yang tergabung dalam himpunan alumni IPB.

"Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari MOU yang telah kami sepakati pada saat pelantikan pengurus bulan yang lalu, bahwa kami bersama Dr.Roni Angkat akan bersama-sama dalam melakukan pembinaan dan pendampingan kepada petani di Provinsi Lampung", kata Ir. Agus Wahyudi.

Dijelaskannya program P4S ini merupakan program prioritas kepengurusan periode 2020-2024 sebagai upaya mendorong petani milineal untuk bisa dibina menjadi petani-petani yang handal dan professional, katanya.

Seperti diketahui, IPB sangat konsern dengan pengelolaan disektor pertanian. Banyak hasil-hasil riset yang dapat di aplikasikan di tengah-tengah masyarakat. DPD HA IPB Lampung akan terus berupaya berkolaborasi dengan lembaga pemerintah, NGO dan pihak swasta untuk berasama membangun Pertanian di Provinsi Lampung. (RLS-HA-IPB)