Gubernur Aceh Kukuhkan Bupati Aceh Selatan Tgk Amran Sebagai Forum KKA - SIGERINDO.COM

Gubernur Aceh Kukuhkan Bupati Aceh Selatan Tgk Amran Sebagai Forum KKA

 Gubernur Aceh Kukuhkan Bupati Aceh Selatan Tgk Amran Sebagai Forum KKA

Sigerindo Aceh Selatan-Gubernur Aceh, Ir. H. Nova Iriansyah, MT, pada Selasa (23/3) malam, mengukuhkan Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran, bersama perwakilan kepala daerah dan pimpinan DPRK dari seluruh kabupaten/kota se-Aceh, yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Forum Komunikasi Pemerintah Kabupaten dan Kota se-Aceh (Forum KKA) Periode 2020 – 2025, bertempat di Anjong Mon Mata, Banda Aceh.

Pengukuhan ini merupakan tindak lanjut atas hasil sidang paripurna Konferensi ke III Forum KKA yang telah memilih Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, sebagai Koordinator Forum KKA Periode 2020-2025.

Selanjutnya sesuai amanat konferensi tersebut, ditetapkan struktur Dewan Pimpinan Forum KKA sejumlah 23 orang, yang merupakan keterwakilan dari 4 kawasan, yakni, Kawasan Kota, terdiri dari Walikota Banda Aceh, Walikota Langsa, Wakil Walikota Lhokseumawe, Ketua DPRK Subulussalam dan Wakil Ketua DPRK Sabang.

Selanjutnya, Kawasan Barat – Selatan, yang terdiri dari Bupati Aceh Barat, Bupati Aceh Selatan, Bupati Singkil, Wakil Bupati Aceh Jaya, Ketua DPRK Nagan Raya, Ketua DPRK Aceh Barat Daya, dan Ketua DPRK Simeulue. Sedangkan, Kawasan Timur – Utara, terdiri dari Bupati Bireuen, Bupati Aceh Tamiang, Bupati Aceh Timur, Wakil Bupati Pidie Jaya, Ketua DPRK Aceh Utara, Ketua DPRK Aceh Besar, dan Ketua DPRK Pidie. Serta Kawasan Tengah – Tenggara, terdiri dari Bupati Gayo Lues, Bupati Bener Meriah, Ketua DPRK Aceh Tenggara, dan Wakil Ketua DPRK Aceh Tengah.

Berdasarkan informasi dari Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdakab Aceh Selatan, Deka Harwinta, M.I.Kom, Bupati Aceh Selatan bertolak ke Banda Aceh pada Selasa siang, setelah sebelumnya menghadiri penutupan MTQ XXXV Tingkat Kabupaten Aceh Selatan di Kecamatan Kluet Selatan, pada pagi harinya.

“Setelah acara penutupan MTQ selesai, ditandai dengan penyerahan piala bergilir kepada Kecamatan Meukek sebagai juara umum, Bapak Bupati langsung berangkat ke Banda Aceh dari Arena Utama MTQ, dan telah tiba di Banda Aceh tepat sebelum acara dimulai”, ujar Deka Harwinta.
Forum KKA saat ini telah melalui 2 periode kepengurusan, dibentuk pada 9 Maret 2008 di Banda Aceh, dan bertujuan untuk membangun sinergitas, harmonisasi dan kerjasama pemerintahan antar Kabupaten dan Kota, dengan Pemerintahan Aceh, Pemerintahan Pusat dan Asosiasi Pemerintahan Daerah lainnya.

Turut berhadir, Forkopimda Aceh, Forkopimda Kota Banda Aceh, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota se Aceh, dan Ketua/Wakil Ketua DPRK se Aceh.(YUNARDI. M. IS).