Keren, Ratusan Mahasiswa Darmajaya Diberi Pelatihan Softskill Sebelum Masuk Dunia Kerja - SIGERINDO.COM

Keren, Ratusan Mahasiswa Darmajaya Diberi Pelatihan Softskill Sebelum Masuk Dunia Kerja

Keren, Ratusan Mahasiswa Darmajaya Diberi Pelatihan Softskill Sebelum Masuk Dunia Kerja


BANDAR LAMPUNG – Career Center Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya memberikan pelatihan softskill kepada mahasiswa secara luring di Aula Lantai III Gedung Alfian Husin dari 24 Februari - 11 Maret 2021.

Pelatihan dilaksanakan mematuhi protokol kesehatan secara ketat dengan setiap harinya diikuti oleh 30 peserta yang juga calon wisudawan/ti IIB Darmajaya. Adapun materi yang diberikan yakni enam keterampilan diri meliputi keterampilan interpersonal dan intra personal seperti positive self concept, self control, higher order thinking skill (HOTS), communication skill, social skill dan job search skill.

Kepala UPT Inkubitek, Career Center dan Alumni IIB Darmajaya, Lilla Rahmawati, S.Sos., M.M., mengatakan di tengah pandemi yang masih melanda negeri pelatihan softskill dibatasi setiap pertemuannya. “Untuk pemateri juga dosen-dosen yang telah mengikuti trainer of trainer (TOT) employability skill,” ungkapnya.

Setiap hari, lanjut dia, terdapat empat pemateri yang memberikan pelatihan kepada calon wisudawan/ti. “Total terdapat kurang lebih 350 peserta yang mengikuti pelatihan softskill dengan total trainer yang terlibat dalam pelatihan ini ada 13 trainer dibagi empat orang tiap harinya,” ujarnya.


Lilla berharap dengan pelatihan softskill ini calon wisudawan/ti dibekali kemampuan dalam mengatasi situasi ketika mengikuti seleksi dalam mencari pekerjaan. “Materi yang disampaikan juga sangat relevan untuk dapat diimplementasikan ketika mengikuti seleksi dalam dunia kerja,” bebernya.

Terpisah, salah satu peserta Kustia Febria menuturkan kegiatan pelatihan softskill ini sangat bermanfaat untuk menjadikan bekal menghadapi dunia kerja. “Acaranya sangat bermanfaat dan seru banget. Softskill ini penting untuk kita dalam persiapan ke dunia kerja,” ungkapnya.

Mahasiswi Teknik Informatika IIB Darmajaya ini juga berharap pelaksanaannya dapat dilakukan lebih dari satu hari. “Banyak yang diperoleh untuk menyiasati dalam bersikap dan bertutur ketika menjalani tahapan seleksi di dunia kerja,” tuturnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Maya Siregar bahwa pelatihan softskill sangat baik terutama untuk mahasiswa yang akan menyelesaikan studi dari kampus tercinta. “Sangat baik untuk mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja nanti. Harapan saya kegiatan ini bisa menerapkan materi-materi softskill di dunia kerja nanti,” ucapnya. (**)