Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dosen Kampus Terbaik di Lampung Ajarkan Whats App Marketing Pelajar dan Guru SMKN 3 Metro


Sigerindo, Metro-- Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya mengajarkan Whats App Marketing kepada pelajar dan guru SMKN 3 Metro secara daring dalam program Darmajaya Mengajar, Selasa, 6 April 2021.

Rico Elhando Badri, S.E.I., M.E. membagikan tips memulai digital marketing. Sekretaris Prodi Bisnis Digital Kampus Terbaik di Lampung memaparkan berjualan dengan memanfaatkan Whats App Business.

Menurutnya, penggunaan Whats App Marketing dikarenakan mudah. "Aplikasi pesan yang populer dan digunakan oleh siapa saja. WA juga murah karena hanya dengan mengisi paket data internet atau koneksi dengan wifi sudah dapat menggunakannya," ungkapnya.

Rico -- biasa dia disapa -- menuturkan WA sangat efektif dalam menawarkan produk ke konsumen langsung dan tanpa batas waktu. "Aplikasi WA juga memiliki WA Bisnis yang fiturnya mendukung untuk memasarkan produk yang kita miliki," ujarnya.

Rico juga menerangkan cara mudah closing di Whats App. "Edukasi terlebih dahulu, bangun kedekatan di media sosial itu penting, siapkan bonus yang banyak (orang cenderung suka dengan bonus), konsep limitasi (more giving more closing sharing di medsos di WA), dan list kontak harus banyak," bebernya.


Rico yang juga dosen muda di Institut Swasta Terbaik di Indonesia menjelaskan teknik berjualan di grup WA. Syaratnya lakukan edukasi terlebih dahulu sebelum jualan prinsipnya. "Sharing di peak time pukul 20.00 – 21.30 WIB, pastikan konten sharing yang menarik dan maksimalkan di tanggal muda," paparnya.

Ia juga membagikan teknik berjualan langsung ke nomor WA pribadi. Sapa dengan nama, sampaikan keuntungan, bonus, gunakan limitasi, akhiri dengan pertanyaan dan hindari kata tidak," imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala SMKN 3 Metro, Erlian Eka Damayanti mengatakan sangat berterima kasih atas paparan yang disampaikan oleh Dosen IIB Darmajaya. "Pengetahuan WA marketing juga menambah wawasan pelajar dan guru untuk pemanfaatan kedepannya lebih menghasilkan," ungkapnya.

Erlian berharap dengan materi ini pelajar tidak hanya memanfaatkan fungsi WA sebagai pengirim pesan. "Semoga kedepan tidak hanya materi ini saja tetapi dapat memberikan materi lainnya," ujarnya.

Sementara, Kepala UPT Pelatihan IIB Darmajaya, Riko Herwanto, S.Kom., M.T.I., mengatakan program Darmajaya Mengajar merupakan bagian dari tanggung jawab IIB Darmajaya sebagai lembaga pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa. "Dengan Darmajaya Mengajar juga sekolah dapat memilih materi apa saja yang akan disampaikan untuk pembelajaran. Hal ini juga akan menjadikan lebih bermanfaat langsung kepada sekolah," tuturnya.

Riko berharap juga dengan permintaan dari pihak sekolah IIB Darmajaya menyiapkan SDM yang memang sesuai dengan kompetensinya. "IIB Darmajaya juga banyak memiliki SDM yang expert di bidangnya baik dalam Ilmu Komputer maupun Ilmu Ekonomi dan Bisnis," pungkasnya. (**)

BERITA TERBARU