Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Beri Paham Protkes, Fja Kembali Saweu Pesantren


SIGERINDO Aceh Barat Daya- Saat ini kita masih menghadapi tantangan situasi pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), adalah virus yang menyerang sistem pernapasan dan bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

“Covid-19 dapat menular dari manusia ke manusia melalui percikan (droplet) dari penderita yang bersin atau batuk dan kontak erat dengan penderita atau kontak dengan permukaan dan benda yang terkontaminasi. Covid-19 masuk ke tubuh melalui mata, hidung, dan mulut lewat tangan yang terkontaminasi virus,” sebut Ketua Forum Jurnalis Abdya, Nazli MD saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan Saweu Pesantren di Dayah Istiqamatuddin Ulil Albab Al-Assyie Gampong Lamkuta, Kecamatan Blangpidie, Abdya, Rabu (30/6/2021).

Terkait dengan kegiatan Saweu Pesantren tersebut, Nazli MD menerangkan, kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengertian kepada masyarakat agar selalu meningkatkan kedisiplinan untuk mematuhi protokol kesehatan melalui 5M, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak menghindari kerumunan dan membatasi diri,

“Diharapkan kegiatan ini mampu memberikan motivasi kepada pengurus Dayah (Pesantren) dan santriwan-santriwati bergerak memberikan pemahaman tentang protokol kesehatan dan mengaplikasikan pada kegiatan sehari-hari," sebut Nazli.

Dengan adanya kegiatan ini, Nazli mengharapkan agar semua pihak sama-sama bergerak untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan disiplin 5M sehingga tidak selalu tergantung kepada petugas kesehatan.

Selain Corona, Nazli juga menilai bahayanya penyalahgunaan narkoba dikalangan muda mudi dan generasi bangsa merupakan wabah yang sangat besar dan Narkoba ancaman bagi keberlangsungan hidup manusia yang harus diputuskan mata rantai penyebarannya.

"Mari kita sama-sama peduli dan memerangi narkoba, kita mulai dari kalangan kita, dari diri kita dan orang-orang disekitar kita,"demikian ajak Nazli.(Robi Iswandi)
BERITA TERBARU