Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dibimbing Dosen UniMAP Malaysia, Mahasiswi Prodi Sistem Komputer ini Lakukan Penelitian IoT



Sigerindo, MALAYSIA – Nisa Hayati, mahasiswi Prodi Sistem Komputer berhasil telah menjalani Ujian Sidang Final Year Project dalam Program Joint-Final Project Supervision oleh dosen Universiti Malaysia Perlis (UniMAP) dengan judul Internet of Things (IoT) Data Security Using AES Algorithm.
Nisa Hayati melakukan presentasi melalui ruang pertemuan google pada Jumat (3/9/2021). Dalam presentasi juga dihadiri Muhammad Dwiyan Aditiya, Kepala International Office IIB Darmajaya; Sabam Parjuangan, S.T., M.Kom., pembimbing IIB Darmajaya; PM. Dr. Ruzelita Ngadiran (pembimbing UniMAP) serta panel dari UniMAP yakni Dr. Hasneeza Liza Zakaria; Dr. Ku Nurul Ku Fazira; dan Dr. Rusnida Romli.
Nisa–biasa disapa–mengaku senang telah menyelesaikan Joint Research (JR) dengan bimbingan oleh dosen UniMAP dan IIB Darmajaya. “Lega, soalnya untuk menyelesaikan JR ini butuh banyak perjuangan. Dari awal pembimbing dari UniMAP dukung banget penelitian ini dan beliau juga seneng saya akhirnya bisa selesakan ini karena topik yang saya angkat lumayan ribet,” ungkapnya.
Perjuangan yang berat itu, lanjut Nisa, dirinya sempat terpapar Covid-19 hingga rehat untuk mengerjakan penelitiannya. “Setelah sembuh langsung kejar ketertinggalan. Selain itu, karena saya orang pertama yang ambil topik penelitian ini di prodi. Jadi sedikit kesulitan karena belum ada contoh dari sebelumnya,” ujarnya.
Sementara, Sabam Parjuangan mengatakan bahwa pelaksanaan presentasi ujian penelitian Nisa Hayati berjalan dengan baik. “Pada dasarnya sudah berjalan layaknya pengujian. Penguji juga sudah bertanya secara komprehensif. Tinggal lengkapi laporan dan publikasi,” ucapnya singkat.
Dalam kesempatan yang sama, Dwiyan mengatakan ujian final year project dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri merupakan pertama kalinya dilakukan mahasiswi Prodi Sistem Komputer. “Selama ini Prodi Sistem Komputer telah banyak mengirimkan mahasiswanya dalam program student mobility dengan kuliah satu semester di perguruan mitra luar negeri IIB Darmajaya,” ungkapnya.
Dia berharap ke depannya banyak mahasiswa Prodi Sistem Komputer yang terus mengikuti program student mobility dan penelitian dengan bimbingan dosen luar negeri. “Dengan mengikuti kegiatan tersebut mahasiswa mendapatkan banyak pengalaman baik secara keilmuan berbagi pengetahuan,” tutupnya. (**)

Sumber: Humas Darmajaya, Editor : Umar Bakti
BERITA TERBARU