Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting




Disdikbud dan TP PKK Gelar Lomba Masak

Sigerindo Aceh Selatan -Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Selatan dan TP PKK Kabupaten Aceh Selatan Selasa 28/9/2021 menggelar lomba masak yang beragam,lomba cipta menu.

Acara pergelaran lomba masak bertempat di halaman parkir Obyek Distinasi Wisata Tuan Tapa Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan.

Kabag Protokol Dan Komunikasi pimpinan Setdakab Kabupaten Aceh Selatan Deka Harwinta Zianur SH. M.IKOM. kepada Sigerindo disela sela acara menyebutkan selain ajang perlombaan menu juga ajang silaturahmi masyarakat Aceh Selatan.

Dan juga dalam rangka upaya mempertahankan gelar juara utama tingkat Kabupaten Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Aceh Selatan menggelar lomba memasak.

Adapun cipta menu yang beragam, lomba cipta menu tersebut diikuti 18 tim PKK kecamatan se Kabupaten Aceh Selatan, dipusatkan di ODTW Tapak Tuan Tapa.

Beraneka aroma dan menu ciri khas makanan kedaerahan dipajangkan di masing-masing meja konstestan, setelah diracik oleh masing-masing tim.

Dari pantauan Sigerindo tim penilai (juri) melakukan penilaian secara objektif, satu persatu meja didatangi oleh tim termasuk oleh Bupati Aceh Selatan Tgk.Amran dan Ketua TP PKK Khailida.

Makanan khas menarik yang ditampilkan dalam perlombaan itu seperti Gulai hiu dan sambal gunung runtuh dari Kecamatan Tapaktuan, Gulai maman dan ikan daing dari Kecamatan Kluet Timur, Gulai dari bonggol pisang dan jantung pisang sama lolak dari Labuhanhaji Timur, ada sambal kalayau dari Kecamatan Labuhanhaji, dan ada gulai boh Geureda yang terbuat dari 15 telur dari Kecamatan Pasie Raja, sambal Jrug Terutung dari Kecamatan Kluet Tengah, Sambal tokok mentah dari Kecamatan Bakongan Timur, Sambal Oen kayee 44 macam dari Kecamatan Meukek dan masih banyak cirikhas lainnya menurut daerah masing-masing.

Bupati Tgk.Amran berharap para juri memberi penilaian objektif, bertindak jujur dan adil, dan tak lupa ia ucapkan terimakasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga Tim penggerak PKK Aceh Selatan serta seluruh panitia.

"Alhamdulillah dalam 2 Tahun ini terakhir Kabupaten Aceh Selatan terus berbenah dalam mempromosikan parawisata, salah satunya event API Aword dimana tahun ini nominatornya Puncak Sigantang Sira dan Anjungan Tapak Tuan Tapa yang tak jauh berada dari lokasi perlombaan masak ini.

Untuk para pemenang lomba masak dinilai hanya 3 pemenang dan diberikan hadiah berupa, Juara I mendapatkan uang sebesar Rp.1.500.000, Juara II mendapatkan uang sebesar Rp. 1.000.000, untuk Juara III mendapatkan uang sebesar Rp. 7.50.000, sementara itu tiap-tiap pemenang akan ditambahi oleh Tgk.Amran 1 jt .

Ketua PKK dari Kluet Tengah Khaira Ulfa berharap acaranya berjalan sukses dan kalah menang itu biasa dalam perlombaan, yang penting semangatnya, ucapnya (Yuniardi M.I.S)
BERITA TERBARU