Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting




Ujian Sidang Program Joint Final Project, Mahasiswa Prodi TI IIB Darmajaya Dapat Bimbingan dari Dosen UniMAP



Sigerindo,Bandar Lampung – Dua mahasiswa Prodi Teknik Informatika IIB Darmajaya Tio Altino dan Novita Dian Sari berhasil menjalani Ujian Sidang Final Year Project dalam Program Joint-Final Project Supervision oleh Dosen Universiti Malaysia Perlish (UniMAP), Jumat (3/9/2021).
Tio Altino mengangkat judul penelitian ‘Application for Sale of Aqiqah Animal and Sacrifies in Bandarlampung City SMEs’ dan Novita Dian Sari mengangkat judul penelitian ‘The Lampung Language Learning Application for Elementary School Students Using The Addie Method’.
Keduanya menjalani ujian sidang melalui daring menggunakan aplikasi google meet dan dihadiri pembimbing kedua mahasiswa yakni Madam Rusnida Romli (UniMAP), Dr. Ku Nurul Ku Fazira (UniMAP) dan Dr. Chairani, S.Kom., M.Eng (IIB Darmajaya), dan Kepala Hubungan Internasional IIB Darmajaya Muhammad Dwiyan Aditiya.
Tio Altino mengaku bersyukur dapat menjalani ujian sidang penelitiannya. Menurutnya, tanggapan dari pembimbing mengenai penelitiannya sangat baik. “Alhamdulilah bersyukur walaupun belum maksima. Masih ada revisi tambahan dalam pembuatan aplikasinya,” kata dia.
Hal sama juga dikatakan Novita Dian Sari yang sangat senang karena telah menjalani ujian sidang penelitiannya. “Alhamdulillah senang dan enggak menyangka juga. Selama 6 bulan mengerjakan dan tak mengalami kendala,” ucapnya.
Novita membangun aplikasi pembelajaran bahasa Lampung menggunakan metode Addie yang di dalamnya berisi analysis, desain, development, implementation, dan evaluation. “Pembimbing memberikan beberapa masukan dan masih ada yang harus dilakukan revisi lagi,” ujarnya.
Dr. Chairani, selaku pembimbing mengatakan dengan adanya joint research (JR) ini dapat memberikan pengalaman meneliti mahasiswa TI dengan penggunaan teknologi yang beragam. “Selain itu, mahasiswa juga mendapatkan pengalaman melakukan joint research dengan pengerjaan project penelitian dengan kultur dan pengetahuan yang lebih banyak,” ucapnya.
Prodi TI, lanjut dia, mengucapkan terima kasih kepada Internasional Office yang telah menjembatani proses Joint-Final Project Supervision dengan UniMAP berjalan baik di semester genap 2020/2021 ini. “Semoga kedepannya mahasiswa Prodi Teknik Informatika makin banyak yang mengikuti program ini kembali,” tuturnya.
Sementara, Muhammad Dwiyan Aditiya mengatakan Joint-Final Project Supervision merupakan bagian dari program student mobility program Internasional IIB Darmajaya. “Program ini untuk memberikan pengalaman internasional kepada mahasiswa dari segi keilmuan maupun komunikasi bahasa terutama bahasa Inggris,” ungkapnya.
Dwiyan menerangkan dengan adanya pengalaman internasional mahasiswa akan lebih siap menghadapai dunia kerja. “Karena pengalaman internasional dan penguasaan bahasa di Era Industri 4.0 menjadi nilai tambah bagi lulusan dalam bersaing di dunia kerja,” ungkapnya. (**)

Sumber: Humas Darmajaya, Editor: Umar Bakti
BERITA TERBARU