Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Peringati Hari Bela Negara Tahun 2021, Danrem 041/Gamas: Bela Negara Bukan Hanya Tugas TNI dan Polri

Sigerindo Bengkulu- "Tugas bela negara bukan hanya tugas TNI dan Polri semata. Namun, bela negara merupakan tugas dan kewajiban kita semua sebagai warga negara Indonesia, sebagai bagian dari komponen bangsa."

Hal ini disampaikan oleh Danrem 041/Gamas, Kodam II/Sriwijaya Brigjen TNI Dr. A. Budi Handoyo M.Tr (Han) selaku inspektur upacara membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dalam peringatan Hari Bela Negara ke-73 Tahun 2021 digelar di Ruang Pola Provinsi Bengkulu, Gading Cempaka, Kota Bengkulu, Minggu (19/12/2021).

"Sekali lagi saya mengajak kita semua menjalankan tugas dan tanggung jawab kebangsaan kita, untuk ikut serta dalam bela negara di mana pun kita berada, apapun pendidikan kita, apapun profesi kita, apapun pekerjaan kita, semua punya hak, semua punya kewajiban dan semua punya kesempatan yang sama untuk bela negara," ajak Presiden Joko Widodo seperti disampaikan oleh Danrem 041/Gamas.

Upacara peringatan Hari Bela Negara di Provinsi Bengkulu kali ini diikuti unsur TNI AD dari Korem 041/Gamas, personel Lanal Bengkulu, Polda Bengkulu, Satpol PP Bengkulu, Kesbangpol Bengkulu, Forum Bela Negara, Kwarda Pramuka dan Menwa Mahadwiyudha.

Danrem 041/Gamas mengatakan, Peringatan Hari Bela Negara Tahun 2021 ini mengambil tema 'Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh'. Tema tersebut mengisyaratkan kita untuk terus mengobarkan dan mengimplementasikan sikap rela berkorban demi bangsa dan negara.

"Serta tetap tumbuh bersama-sama untuk berjuang pantang menyerah menuju Indonesia Maju," tandas Danrem 041/Gamas.

Abituren Akademi Militer tahun 1992 ini menambahkan, ada tiga hal penting yang harus diimplementasikan dalam bela negara di era sekarang.

"Pertama, disipilin dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam menerapkan protokol kesehatan COVID-19, bekerja, berlalulintas dan lainnya. Kedua Mencari ilmu untuk terus bertumbuh sesuai dengan passion masing-masing. Ketiga, semangat, pantang menyerah, menjadikan segalanya peluang untuk dihadapi dan dicarikan solusinya," papar Perwira Tinggi TNI yang lama berkarir di Kopassus ini.

"Dan, tidak lupa selalu bersyukur dengan selalu memahami apa yang diberikan Tuhan YME menerima dengan ikhlas dan berusaha selalu introspeksi dan evaluasi, untuk bergerak ke arah yang lebih baik," tandasnya.

Hadir dalam peringatan kali ini antara lain, perwakilan Kapolda Bengkulu, perwakilan Danlanal Bengkulu, Kaban Kesbangpol, perwakilan DPRD Provinsi Bengkulu dan perwakilan Kajati Bengkulu.(Ita)
BERITA TERBARU