Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Percepat Pembayaran Pajak, UPTD Samsat Wilayah XIV Abdya, Gunakan Aplikasi SMS

Sigerindo, Abdya-Untuk meningkatan pelayanan kepada masyarakat wajib pajak kendaraan bermotor dengan mempercepat pengiriman pemberitahuan kepada wajib pajak akan jatuh tempo pembayaran pajak kendaraan bermotor, UPTD Samsat wilayah XIV Aceh Barat Daya (Abdya) akan melakukan uji coba penyampaian informasi melalui Short Message Service (SMS).

Sebelumnya, pengiriman pemberitahuan ini atau lebih dikenal dengan Surat Pemberitahuan Kewajiban Pemilik Kendaraan Bermotor (Super KPKB) yang dikirim kurang satu / dua bulan sebelum jatuh tempo pembayaran pajak kendaraan Bermotor ini dilakukan dengan bekerjasama dengan pihak ketiga yakni kantor pos.

Sedangkan lewat SMS direncanakan dikirimkan setiap seratus hari dan setiap sebulan masa sebelum jatuh tempo, yang akan di rencanakan aktif nya pada tahun depan yaitu 2023 mendatang.

Kepala UPTD Samsat wilayah XIV Abdya Muzakir Ar SH, mengatakan, pergantian pengiriman informasi via SMS ini lebih dikarenakan pada pertimbangan agar lebih cepat, lebih efisien, lebih hemat, dan lebih efektif.

Sambungnya lagi, dengan menggunakan aplikasi SMS ini kita juga tidak perlu lagi ketergantungan terhadap SDM dalam jumlah yang banyak, cukup 1 atau 2 orang operatornya.

Untuk mendukung pelaksanaan program ini sebut Muzakir, nantinya akan dilakukan input data wajib pajak. Identitas dan data pribadi yang lengkap dengan nomor telepon pengguna wajib pajak, Sehingga dengan validasi data yang ada diharapkan dalam pelaksanaannya nanti benar-benar bisa berjalan sesuai harapan.

"Secara teknis, isi dari pemberitahuan lewat SMS ini menginformasikan tentang kewajiban wajib pajak, nama wajib pajak, nopol KBM, jatuh tempo pembayaran,"sebut Muzakir.

Nantinya program SMS tersebut tidak hanya untuk pemberitahuan tentang jatuh tempo pembayaran pajak kendaraan bermotor kepada wajib pajak saja, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi lainnya yang berkaitan dengan program Samsat maupun kebijakan dinas lainnya. Misalnya Kebijakan Pemutihan dan info penting lainnya.

Pergantian pemberitahuan lewat SMS ini merupakan tuntutan pelayanan yang serba cepat di era tehnologi. Dengan demikian masyarakat wajib pajak juga bisa dengan mudah memberikan balasan atas layanan ini. "Sehingga diharapkan pelayanan yang kita berikan kepada wajib pajak terus selalu meningkat, dan target PAD daerah pun bisa terpenuhi,"demikian pungkas Muzakir.
BERITA TERBARU