Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari Museum Indonesia, Museum Lampung Gelar 3 Acara Libatkan Publik

 

Kepala Museum Lampung Budi Supriyanto, S.Sos., M.Hum

Sigerindo, Bandar Lampung—Menyambut Hari Museum Indonesia yang jatuh pada tanggal 12 Oktober lalu, Museum Lampung menggelar rangkaian kegiatan dengan tema Peradaban Masa Lalu Menginspirasi Masa Depan.

Hal ini dikatakan Kepala Museum Lampung Budi Supriyanto, S.Sos., M.Hum di ruang kerjanya Kamis (20/10). Menurutnya, makna dari tema tersebut yakni apa yang kita simpan di dalam Museum itu --sebagai sesuatu yang berasal dari massa lalu tersebut--bisa dijadikan inspirasi untuk masa depan yang di dalamnya ada kearipan lokal.

“Diharapkan dengan adanya Hari Museum Indonesia yang jatuh pada tanggal 12 Oktober 2002 ini, masyarakat lebih mengetahui dan peduli keberadaan Museum terutama Museum Lampung,” kata alumni Pasca Sarjana ini.

Lebih lanjut, kata Budi Supriyanto, menyambut hari Museum Indonesia tersebut pihaknnya menggelar tiga kegiatan yang melibatkan aktifitas dan keikutsertaan masyarakat. “Kegiatan ini bukan sekadar memperingati hari Museum Indonesia, tetapi juga melakukan program public yang melibatkan kegiatan masyarakat,” katanya.

Tiga kegiatan yakni Seminar Hari Museum Indonesia tahun 2022 yang mengangkat tema Peradaban Masa Lalu Inspirasi Masa Depan “Lampung Dalam Binghkai Kearifan Lokal.” Materi seminar meliputi Piil Pesenggiri, kearifan lokal di Bidang Perkebunan dan Koleksi dalam tiga dimensi, masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang. “Acara digelar pada hari Selasa lalu tanggal 18 Oktober 2002,” katanya.

Sedangkan kegiatan kedua yakni lomba rias pengantin tradisional Lampung Pepadun. “Kegiatan lomba rias pengantin akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 26 Oktober 2002 di UPTD Museum Lampung,” katanya. Selanjutnya acara ketiga yakni pameran temporer. “Kita ingin mengubah image, bahwa kegiatan Museum ini tidak hanya itu-itu saja, kita ingin menggelar pameran yang berubah-rubah sesuai judul yang update,” katanya.(RLS) 

BERITA TERBARU