Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dinas PMDT Lampung Tingkatkan Smart Village dan Pendampingan Pembangunan Desa



 

Sigerindo, Bandar Lampung---Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Transmigrasi (PMDT) Lampung mengemban dua misi yakni mewujudkan “Good Governance” untuk meningkatkan kualitas dan pemerataan pelayanan Publik. Dan membangun kekuatan ekonomi masyarakat berbasis pertanian dan wilayah perdesaan yang seimbang dengan wilayah perkotaan.

Sedangkan dalam RPJMD provinsi Lampung, Dinas PMDT Lampung sebagai perangkat daerah memiliki tugas dalam rangka mendukung Visi dan Misi Kepala Daerah (gubernur) periode 2019-2024 dimana Visi provinsi Lampung adalah Rakyat Lampung Berjaya (aman, berbudaya, maju berdaya saing dan sejahtera).

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas PMDT Lampung, agenda kerja gubernur pada point agenda ke-8, yakni Smart Village yakni meningkatkan literasi internet dan layanan perpustakaan desa, digitalisasi, administrasi desa dan e-participation. Serta agenda ke-9 yakni pendampingan program pembangunan Desa. Untuk diketahui jumlah desa yang sudah smart village sebanyak 1.763 dari 2.446 Desa.


Khusus untuk prestasi lomba desa, Provinsi Lampung pada tahun 2022 meraih juara Dua Nasional tingkat Regional Sumatera. Berbagai prestasi juga ditorehkan Provinsi Lampung. Pada tahun 2021 sebagai Juara 1 Kategori Inovasi teknologi Tepat Guna dengan mesin pengolah serba guna, dan tahun 2022 meraih juara 1 kategori teknologi tepat guna Unggulan. (THR)

BERITA TERBARU