Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kekompakan IKKP Terbukti dengan Hadirnya Mobil Ambulance

Sigerindo Palembang - Pengurus Ikatan Keluarga Kemang Palembang (IKKP) periode 2022 - 2026 secara resmi dikukuhkan pada, Selasa (28/2). Pelantikan yang dikemas dalam sebuah acara bertajuk silaturahmi bersama masyarakat Kemang Muba itu mengusung tema "Mewujudkan IKKP Sebagai Wadah Pemersatu yang Solid, Bersinergitas, Berkualitas, Berkemajuan".

Setelah menjalani berbagai prosesi seremonial, kegiatan pelantikan dilakukan langsung oleh Gubernur Sumsel yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol Sumsel Sumsel Dr. HM. Al-Fajri Zabidi. Dipercaya sebagai Ketua Ikatan Keluarga Kemang Palembang (IKKP) periode 2022-2026 adalah, M. Yuhan Abdul Haq.

Sedangkan, sebagai Dewan Pembina :
Ketua, Parmanto H. Ali,Wakil Ketua Edison Burlian, Sekretaris, Rusman Efendi, SIP dan
Anggota terdiri dari, H. Ahad Amak Pohan Harun, S.pd, Rudi Hartono Jema'at Amir Ag, S.pd.

Ketua IKKP M. Yuhan Abdul Haq dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas pengukuhan yang sudah berlangsung dengan lancar. Menurutnya, Ikatan Keluarga kemang Palembang didirikan untuk memberikan manfaat nyata dalam masyarakat kemang khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.

"Tidak berbeda dengan persatuan-persatuan daerah lain IKKP organisasi sosial kemasyarakatan yang independent yang semata untuk mempererat jalinan tali silaturahmi antar masyarkat kemang secara terus-menerus, guna mendorong masyarakatnya untuk saling perduli dan dapat berbagi dalam segalah hal baik suka maupun duka," tegasnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, saat ini IKKP telah memiliki badan hukum yang sah, dengan akta pendirian berdomisili di Palembang dan tercatat di kementrian Hukum dan hak asasi manusia (kemenkum Ham).

"Kita berharap IKKP kedepan dapat menjalin kerjasama dengan instansi atau pihak-pihak swasta lainya yang kompoten serta para pemangku kepentingan di pemeritahan Kota Palembang, dengan kata lain IKKP membuka diri untuk bisa dilibatkan dalam kegiatan bakti sosial ataupun gotong royong serta kegiatan kemasyarakatan lainya. Apalagi kita sudah memasuki masa dimana akan berlansungnya pesta demokrasi di Indonesia tentunya kita memiliki hak yang sama untuk menentukan siapa pilihan kita kedepan.

Seandainya ada putra-putri terbaik keturunan desa kemang yang akan maju ikut berjuang menjadi bagian dari pemeritahan baik ditingkat kota, tingkat propinsi atau tingkat pusat sekalipun tentu kami masyarakat keturunan kemang yang jumlahnya mencapai lebih dari 2000 kepala keluarga yang tersebar di segala penjuruh wilayah kota palembang dengan korwil-korwil yang telah terbentuk, akan ikut memperjuangkannya, tidak perduli siapa mereka anak dan keturunan siapa asalkan memiliki potensi setidaknya kami akan bangga menjadi bagian dari itu," katanya.


Ditambahkannya, selama lebih 5 tahun pasca terbentuknya IKKP merupakan persatuan yang mandiri, Karna sampai saat ini IKKP tidak memiliki donatur atau sumberdana yang mengikat, organisasi ini mengelola dana swadaya dari para anggota dan sumbangan dari para pengurus serta sumbangsi masyarakat Kemang itu sendiri bahkan kantor seketariat pun kami masih di rumah pribadi.

"Kedepan ini menjadi PR kami para pengurus,
namun meski demikian kami merasa bangga dengan masyarakat kemang yang sangat kompak dan bersatu, terbukti hadirnya satu unit mobil Ambulan IKKP dan kegiatan bakti sosial lainnya selama ini , adalah bukti dari kekompakan masyarakat kemang itu dalam beramal jariyah di dukung dengan kerja keras para pengurus dalam berkontribusi menjalankan program tersebut dan tetap semangat melakukan kegiatan silaturahmi rutin di setiap bulannya sampai saat ini," katanya.

Lebih jauh, M. Yuhan Abdul Haq mengatakan, pada periode ke 2 ini IKKP bertekad untuk berbuat semaksimal mungkin demi masyarakat kemang bersama. Menurutnya, pihaknya telah mencanangkan program yang berkelanjutan yaitu mengratiskan Ambulan bersama air mineral serta sedikit santunan untuk masyarakat kemang yang mendapat musibah kematian yang dana oprasionalnya hasil alokasi dari iuran KTA sebagai identitas para anggotanya.

"Mari kita jadikan IKKP sebagai wadah tempat beramal, untuk memberi manfaat bukan mencari manfaat apalagi untuk dimanfaatkan mari kita bersama-sama dalam bergotong royong saling membantu antar sesama masyarakat kemang. Insyaa Allah IKKP dapat berjalan baik sesuai harapan, DARI KITEK UNTUK KITEK. Semoga masyarakat kemang tetap kompak, solid,
dan peka terhadap hal yang terjadi di dalam masyarakatnya serta memberi manfaat bagi lingkungan sekitar dimanapun kita tinggal. Mari kita wujudkan IKKP sebagai wadah pemersatu yang solid, berintegritas, berkualitas dan berkemajuan," tutupnya.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Gubernur Sumatera Selatan yang diwakili oleh Kepala Kesbangpol Sumsel Dr. HM. Al-Fajri Zabidi, Kasubdit Binmas Polda Sumsel, AKBP Ali Sadikin, Bupati Musi Banyuasin yang diwakili Assiten I Pemkab Muba, Yudi Heriandi, SH , MH, Ketua Forum CSR Sumsel, J ryantoni Nata Kusuma dan Kepala Desa Kemang, Edison Burlian serta ribuan masyarakat Kemang Kabupaten Muba yang terlihat antusias mengikuti jalannya acara(Redaksi)
BERITA TERBARU