Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pembekalan Dunia Kerja IIB Darmajaya, Area Head PGN Lampung Beri Pelatihan soal Leadership Skill

 


Sigerindo, Bandar Lampung--- Area Head PGN Lampung, Abrar memberikan materi Growth Mindset dan Leadership Skill saat acara yang digelar Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya dengan materi soal Pelatihan Softskill dan Pembekalan Dunia Kerja kepada calon lulusan di Aula Rektorat Lantai III Gedung Alfian Husin pada Selasa (14/2/23).

Pelatihan Softskill dan pembekalan dunia kerja diselenggarakan selama 4 hari dan dibagi kedalam 3 sesi. Peserta kegiatan ini mencapai 473 peserta dengan hari pertama terdapat 296 peserta yang terbagi dua sesi. “Growth mindset dimana kecerdasan dan keterampilan dapat dipelajari dan dikembangkan sementara fixed mindset yakni kecerdasan dan keterampilan merupakan takdir yang hanya bisa menerimanya saja,” katanya Abrar mengutip dari Carol Dweck bahwa mindset terbagi menjadi dua yakni growth mindset dan fixed mindset.

Abrar juga membagikan cara menumbuhkan growth mindset. Mulai dari percaya kalau otak bisa berubah melalui proses seperti membaca, menulis dan diskusi. “Untuk menumbuhkan growth mindset juga harus berani keluar dari zona nyaman. Yaitu dengan mengupgrade diri, mencoba hal baru, dan membuka diri dengan circle yang lebih positif,” ujarnya.

Abrar juga membagikan empat cara dalam meningkatkan jiwa kepemimpinan. Pertama, Clarify purpose, tentukan tujuan yang ingin dicapai secara jelas. Lalu, mempraktikkan self awareness, belajar memahami diri dan mengidentifikasi apa yang kita pikirkan, rasakan serta lakukan.

Kemudian, belajar menerima tanggung jawab, paham apa yang dikerjakan dan siap menerima resiko yang ada. Setelah itu dapat melakukan evaluasi diri, lakukan refleksi diri secara berkala untuk menjalani hidup yang lebih baik.

Pelatihan terdiri dari pemaparan materi dengan konsep seminar dan praktik interview dengan menghadirkan pilihan HR dari berbagai perusahaan. Mulai dari Area Marketing Associate Manager PT Nutrifood Indonesia Dian Septiana, S.Si., M.M.; Learning & Capability and Industrial Relation, Panjang Factory, PT. Nestle Indonesia Panjang, Annisa Ayu Permata; dan Area Head PGN Lampung, Abrar pada sesi I.

Untuk sesi II diisi oleh People Partner & Recruitment Dept Head PT Great Giant Pineapple, Daisy Metria; Manager People Development TDM Honda Lampung, Wiwid Darniati, S.Psi.; dan People Development Suzuki Linda. (RLS)

BERITA TERBARU