Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mantab Buka Sundanese Arts Festival, Gubernur Arinal Pengembangan dan Pelestarian Budaya Melalui Inovasi dan Kolaborasi

Sigerindo Pesisir Barat -- Arinal Djunaidi Gubernur Provinsi  Lampung membuka acara Lampung Sundanese Arts Festival (LSAF) VII Tahun 2023, di Pantai Way Batang Kecamatan Ngambur Krui, Jumat 21/07/23

Karenah Lampung Sundanese Arts Festival (LSAF) merupakan ajang festival yang digelar dua tahun sekali, dimana festival ini menjadi wadah untuk memperkokoh rasa persaudaraan dan hubungan tali silaturahmi diantara warga Lampung yang berasal dari Jawa Barat serta menambah wacana seni budaya Provinsi Lampung. Pelaksanaan LSAF VII Tahun 2023 ini sekaligus sebagai perwujudan 33 Janji Kerja Gubernur dan Wakil Gubernur yaitu "Lampung Kaya Festival”.

Dengan Acara pembukaan yang berlangsung meriah tersebut diawali dengan parade kontingen peserta dari 12 Kabupaten/Kota. Sebanyak 9 cabang diperlombakan dalam LSAF VII ini, diantaranya Pidato Bahasa Sunda dan Lampung, Pantun Sunda dan Lampung, Tari Bedana, Qasidah, Rampak Silat Sunda dan Lampung, Anggana Sekar, Jaipongan, Rampak Sekar serta Kuliner tersebut

Gubernur Provinsi Lampung  Arinal Djunaidi menyampaikan penghargaan atas diselenggarakannya LSAF VII Tahun 2023 ini untuk mengenalkan kolaborasi budaya Sunda dan Lampung.

"Semoga acara ini dapat membangkitkan semangat seni dan kebudayaan di daerah Provinsi Lampung," kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi

Gubernur juga mengatakan bahwa festival ini menjadi wadah untuk menggali, melestarikan dan mempromosikan seni budaya tradisi dan adat istiadat Sunda, sehingga akan berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan ke Provinsi Lampung, khususnya di Pesisir Barat, yang akan berpengaruh besar terhadap kesejahteraan masyarakat tegasnya 

Menurut Gubernur, diselenggarakannya LSAF VII Tahun 2023 adalah salah satu langkah nyata dari kepedulian masyarakat dan Pemerintah Provinsi Lampung untuk melestarikan dan mengembangkan nilai-nilai budaya Sunda dalam rangka memperkuat budaya nasional khususnya di Provinsi Lampung.

Gubernur menambahkan, Pemerintah Provinsi Lampung memiliki komitmen yang kuat untuk terus mendorong dan memberdayakan potensi budaya, agar tetap lestari dan terus berkembang serta dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Provinsi Lampung memiliki banyak kelebihan dan peluang yang bisa dimanfaatkan. Kuncinya kita harus berkolaborasi, berinovasi dan beradaptasi dengan kondisi saat ini dan menyesuaikan dengan tren seni terkini, terus kreatif dalam berkarya dan inovatif dalam berusaha menciptakan peluang baru," ucap Gubernur.

"Saya percaya bahwa Saudara sekalian dapat membangkitkan potensi seni dan budaya yang ada di Provinsi Lampung," tukas Gubernur Lampung Arinal (*)


BERITA TERBARU