Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuliati : Disiplin Kunci Keberhasilan Dalam Mengembangkan Pendidikan

Sigerindo Bandar Lampung -Mutu pendidikan ditentukan oleh Kepemimpinan kepala sekolah, baik kaitannya dengan aspek akademik maupaun non akademik yang harus mampu membentuk krakter siswa dengan aklak mulia. Kepala sekolah punya peran kunci dalam memberi pendidikan dan pembelajaran yang bermutu.
 Serta di  eraglobalisasi dengan kemajuan tekhnologi yang canggih, pendidikan merupakan sasaran pemerintah yang dinomor satukan, baik dari anggaran maupun Sumber Daya Manusia yang berpotensi. Pendidikan dapat dikatakan berhasil apabila pendidikan itu mampu menghasilkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang handal

Untuk SKU Sigerindo Media Online sebagai mitra untuk kemajuan dunia Pendidikan ikut mengapresiasi berlangsungnya pendidikan di kota Bandar Lampung Khusnya SMP Negeri Kota Bandar Lampung , belum lama ini bersama Kepala Sekolah SMP Negeri 21 Ibu Yuliati diruang kerjanya.

“ Ibu Yuliati Mengatakan Banyak faktor penunjang keberhasilan pendidikan seperti kelengkapan faktor Sarana dan Prasarana yang memadai, serta media pembelajaran menstranfer pengetahuan dari guru ke murid”, terangnya.

Keberhasilan pendidikan jika enam komponen berhasil dilaksanakan antara lain, Faktor Media Pembelajaran, Faktor Sarana dan Prasarana, Kurikulum, Infratruktur, Tenaga Pengajar dan Kepala Sekolah, Minin menjelaskan

“Sarana dan Prasarana merupakan fasilitas yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pendidikan, seperti : halaman, kebun atau taman sekolah, jalan menuju ke sekolah, tata tertib sekolah, dan sebagainya”, tutur Ibu Yuliati dengan Logat Khas Lampungnya .

Kepala Sekolah SMP Negeri 21 Kota Bandar Lampung Ibu Yuliati Selain itu, Kurikulum pada pokoknya merupakan suatu sistem suatu kesatuan yang terdiri dari beberapa komponen, dimana komponen lainnya saling berhubungan dan saling mempengaruhi yang dimaksud mencapai tujuan, isi/materi, strategi pembelajaran, dan evaluas.

Dari ketiga komponen tersebut dilengkapi dengan Infrastruktur, gedung sekolah, bangunan kelas, toilet, lapangan upacara yang sudah memenuhi standar pendidikan nasional, dengan begitu pelaksanaan pendidikan di sekolah berjalan dengan aman dan tertib dan teratur.

Sumber Daya Manusia yang handal, para guru mempersiapkan profesinya sebagai tenaga pendidik yang dapat diandalkan, memiliki integritas, kapabilitas dan dapat menteladani bagi siswa-siswi sebagai sosok yang bisa digugu dan ditiru.

Guru harus mampu memotivasi semangat belajar siswa guna mencapai prestasi baik akademik maupun non akademik, karena prestasi merupakan salah satu keberhasilan pendidikan pada suatu sekolah.

Yang terakhir adalah Kepala Sekolah sebagai Tugas kepala sekolah dalam bidang manajerial, mencakup proses perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pergerakan (actuating), dan pengawasan (controlling) sebagai suatu proses untuk menjadikan visi menjadi aksi.

Keenam komponen mampu diterapkan dengan baik sebaik-baiknya, maka dapat dipastikan mutu pendidikan yang kita harapkan akan dianggap berhasil

Terakhir Ibu Yuliati mengatakan, selain enam komponen tersebut ialah kerjasama yang baik antara sekolah, masyarakat dan pemerintah untuk mewujudkan insan yang terampil, cerdas dan mandiri ujar Ibu Yuliati Kepala Sekolah SMP Negeri 21 Kota Bandar Lampung Provinsi Lampung Tersebut (Advektorial)
BERITA TERBARU