Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Banyak Faktor Penyebab Human Trafficking


Sigerindo Muratara - Usai digelar di Kota Lubuklinggau beberapa hari lalu, kini sosialisasi p‎encegahan tindak pidana perdagangan orang atau Human Trafficking juga dilaksanakan di Kabupaten Musirawas Utara (Muratara).

Dari kegiatan sosialisasi itu, diketahui banyak sekali faktor penyebab terjadinya kasus Human Trafficking, semisal dikarenakan pendidikan rendah, ekonomi rendah atau miskin dan terjerat hutang.

"Dengan beberapa faktor itu, tentunya sangat mudah untuk dipengaruhi dengan janji-janji oleh para pelaku Human Trafficking," ungkap Wakil Bupati (Wabup) Muratara, H Devi Suhartoni.

Ia pun mengaku, memberikan apresiasi terkait penyelenggaraan sosialisasi oleh Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (GT-PPTPPO).

"Saya menyambut baik adanya sosialisasi GT-PPTPPO ini, selain bertujuan melakukan pencegahan dan penanganan, kegiatan ini juga tujuannya baik, sebab mengajak masyarakat mengantisipasi tindak kejahatan perdagangan orang," jelasnya.

Ia mengharapkan, seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, terutama para kepala desa (Kades), karena bisa langsung disampaikan ke masyarakat.

"Apalagi para pesertanya sebagian besar kades. Ini tentunya sangat mudah untuk segera disosialisasikan kepada masyarakat," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Selatan (Sumsel) sekaligus sebagai Ketua GT-PPTPPO, H Ishak Mekki mengaku, kegiatan ini merupakan perpanjangan program dari Pemerintah Pusat, mengingat sekarang seringkali terjadi perdagangan orang.

"Maka dari itu, seluruh masyarakat secara bersama-sama untuk melakukan pencegahan.‎ Sebab, sudah ada 12 kasus yang ditangani, seperti pada 2015 ada 5 kasus, 2016 ada 6 kasus dan tahun ini baru 1 kasus yang ditangani untuk di Sumsel," ungkapnya. (FRM)
BERITA TERBARU