Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

LSM Laporkan Kesbangpol Ke Bupati


Sigerindo Muratara - Sejumlah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang menjalankan organisasinya di Kabupaten Musirawas Utara (Muratara), mengadu kepada Bupati Muratara, H.M Syarif Hidayat terkait dana bantuan yang tidak disalurkan oleh Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Muratara.

Perwakilan LSM, Evi yang tercatat selaku Ketua LSM Lidik menjelaskan, dari tahun 2015 ada beberapa LSM yang sudah terdaftar di Kesbangpol Muratara, namun belum pernah mendapatkan bantuan, khususnya yang berbentuk dana hibah. Sedangkan, sesuai aturan Undang-Undang (UU) No 17, dinyatakan ada anggaran Pemberdayaan, Kesejahteraan bagi Lembaga LSM.

"Namun, disayangkan sampai saat ini bantuan tersebut belum tersalurkan ke lembaga. Hanya satu lembaga saja yang mendapatkan bantuan itu,yaitu Forum Bersama (Forbes)," jelasnya.

Ia mencontohkan, dari tahun 2015 LSM LIDIK yang ia pimpin, sudah terdaftar di Kesbangpol Muratara, akan tetapi lembaganya belum menerima bantuan dalam bentuk apapun.

"Kita sudah sampaikan keluhan kepada Pak Bupati. Ini, supaya kedepan nanti, lebih dapat dibina, agar dapat bekerja lebih baik lagi," kata dia.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Muratara, Hj Herwati mengaku, dana-dana yang diperuntukan untuk lembaga ataupun organisasi memang belum ada di tahun 2017 ini. Namun, pihaknya sudah menyampaikan kepada Bupati Muratara, agar dapat dianggarkan pada perubahan Anggaran Bantuan Tambahan (ABT).

"Tapi, ada syaratnya yakni diantaranya, minimal sudah terdaftar selama 5 tahun, lalu sudah memiliki kantor sendiri, membayar pajak dan lain sebagainya. Itu semua tercantum di kelengkapan syarat. Jadi, apabila persyaratannya belum lengkap, maka tidak akan dapat," ungkapnya.(FRM)
BERITA TERBARU