Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sekda Muratara Tahu Banyak Aparat Desa Nakal


Sigerindo Muratara - Dari laporan masyarakat, ternyata kerapkali sejumlah Kantor Desa di Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) sering kosong, bahkan terkadang benar-benar tidak ada petugas yang berjaga selama berhari-hari.

"Saya sering mendapatkan laporan dari masyarakat, itu perihal beberapa kantor desa di Kabupaten Muratara yang sering kosong, dan tidak ada perangkat desa yang standby di kantor. Kepala Desa ini banyak yang nakal, kedepan kami tidak mau lagi mendengar laporan seperti itu," ungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Muratara, H Abdullah Matcik, Selasa (9/5).

Dirinya pun berharap, agar seluruh Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Muratara, nantinya juga tidak ada yang sampai tersandung masalah hukum, terutama berkaitan dengan masalah penggunaan Dana Desa (DD).

"Dana desa merupakan 'nawacita' Presiden Joko Widodo, yakni membangun negara dari desa. Oleh sebab itu, Kades harus serius dalam membangun desanya masing-masing. Garda terdepan membangun negara ini adalah dari desa. Sebaik apapun program Pemerintah Pusat, kalau dari desa saja tidak punya semangat membangun, maka tidak akan mungkin terwujud," jelasnya.

Ia menambahkan, ketika ada aparatur desa yang tersandung penyelewengan dana desa, kebanyakan karena ketidaktahuan masalah administrasi penggunaan dana desa, sehingga akibatnya menimbulkan kerugian negara.

"Kenapa sering kita ingatkan, karena dampaknya ke atas, seolah-olah pemerintah daerah tidak ada pengawasan. Oleh karena itu, jangan sampai ini terjadi. Sebenarnya, jadi Kades ini hebat, mengelola uang negara sendiri, bahkan sampai ratusan juta rupiah," ungkapnya.(FRM)
BERITA TERBARU