Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting




Kelola DD 2021 Dengan Baik, 15 Desa di Mukomuko Dapat Tambahan Alokasi Kinerja


Sigerindo, Kerinci – Dinilai sukses mengelola DD tahun 2021, sebanyak 15 desa di Kabupaten Mukomuko dapat tambahan alokasi kinerja sebesar Rp. 288.153.000, dari Kemendes.

Sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, Muhammad Fadli ketika dikonfirmasi awak media melalui ponselnya, Rabu, (3/3/2021).

Kata Fadli, sebanyak 148 desa di Kabupaten Mukomuko,15 desa diantaranya mendapat tambahan alokasi kinerja dari Kemendes sebesar Rp. 288.153,000/desanya. “Kategori Penilaian terhadap 15 desa yang mendapat tambahan alokasi kinerja, ini merupakan formulasi dari Kemendes melalui pendamping desa. Ada SOP tersendiri data dimutahirkan,” urainya.

Menurutnya, penilaian juga dilakukan berdasarkan melalui penghitungan IDM dan jumlah indikator diperhitungkan melalui indeks. Diantaranya ketahanan sosial dan ketahanan ekonomi dengan metode skoring data tersebut diolah bersama kawan – kawan pendamping. “Dalam hal desa berkinerja baik, mempunyai sumber PAD dan Bumdes mendapatkan tambahan alokasi kinerja. Formulasi tersebut diatur melalui PMK,” terangnya.

Adapun desa yang mendapat tambahan dana alokasi kinerja tersebut menurut Fadli adalah sebagai berikut:

1. Desa Tanjung Alai.

2. Desa Pondok Kopi.

3. Desa Medan Jaya.

4. Desa Pulai Payung.

5. Desa Mundam Marap

6. Desa Talang Arah.

7. Desa Serami Baru.

8. Desa Lubuk Talang.

9. Desa Talang Baru.

10. Desa Air Rami

11. Desa Makmur Jaya.

12. Desa Lubuk Silandak.

13. Desa Penarik.

14. Desa Retak Mudik.

15. Desa Banjar Sari.

(Dewi Yulianti)
BERITA TERBARU