Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting




Wujudkan Smart Farming di Desa Cintamulya, Dosen IIB Darmajaya akan Terapkan IoT


Sigerindo, Lampung Selatan---Dosen Sistem Komputer Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melakukan kunjungan ke Desa Cintamulya, Kecamatan Candipuro, Lampung Selatan pada Rabu, 3 Maret 2021.

Adapun kunjungan dilakukan dalam rangka pemetaan terhadap produk pertanian desa yang menjadi lokus smart village dengan fokus smart farming dan smart agriculture. Sebelumnya aparatur Desa Cintamulya telah melakukan kunjungan ke IIB Darmajaya awal Februari 2021 koordinasi dalam pelaksanaan konsep smart farming yang akan diterapkan di desa.

Ketua Prodi Sistem Komputer IIB Darmajaya Nurfiana, S.Kom., M.Kom. memimpin rombongan dalam kunjungan yang didampingi official smart village Bayu Nugroho, S.Kom., M.Eng., dan Lilla Rahmawati, S.Sos., M.M. Rombongan berkeliling melihat bermacam jenis produk pertanian mulai dari sayuran, buah-buahan, hingga tanaman herbal atau tanaman apotik hidup yang berada di pekarangan serta kebun warga.


Nurfiana mengatakan kunjungan tersebut dalam rangka memetakan lokasi untuk memanfaatkan Internet of Things (IoT). “Semua dosen Sistem Komputer melakukan inventarisasi lokasi. Pak Dodi Yudo Setyawan, S.Si., M.T.I., menjadi Ketua Tim Ahli IoT. Kurikulum Prodi Sistem Komputer juga sejalan dengan penerapan IoT di Provinsi Lampung,” ucapnya.

Dodi Yudo Setyawan mengatakan kedatangannya bersama rekan-rekan dosen melakukan pengamatan beberapa kebun untuk sayur-sayuran baik dalam greenhouse (rumah kaca) dan diluar greenhouse. “Untuk produk pertanian yang dapat diimplementasi IoT adalah sayur seledri diluar greenhouse,” ucapnya.

IIB Darmajaya, lanjut dia, bermitra dengan Habibi Garden Bandung untuk mengimplementasikan IoT Desa Cintamulya. “Rencananya penyiraman, pemupukan dan monitor serta kontrol kelembaban greenhouse secara IoT. Nanti warga dapat mengontrol melalui handphone sehingga lebih mudah dan efektif,” terangnya.

Menurutnya, secepatnya akan dilakukan desain dan pembuatan rencana anggaran biaya (RAB) dan pengimplementasian. “Bersama dengan Habibi Garden Bandung akan segera melakukan pembahasan lebih lanjut,” tuturnya.

Sementara, Official Smart Village Provinsi Lampung, Bayu Nugroho menuturkan Desa Cintamulya merupakan salah satu dari lokus smart village Pemerintah Provinsi Lampung. “Desa Cintamulya fokus kepada smart farming dan smart agriculture,” kata Dosen Sistem Komputer IIB Darmajaya ini.

Bayu –biasa dia disapa – menerangkan smart village merupakan program Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Transmigrasi (PMDT) dalam mewujudkan Lampung Berjaya. “Program tersebut berkolaborasi dengan IIB Darmajaya dengan prioritas 4 lokus yakni Desa Hanura, Pesawaran; Desa Sribhawono, Lampung Timur; Desa Podomoro, Pringsewu; dan Desa Cintamulya, Lampung Selatan,” pungkasnya. (**)
BERITA TERBARU