Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting



Empat Unit Kios Penjual Mainan Di Dusun Mawar, Desa Kotafajar, Kecamatan Kluet Utara Ludes Dilalap Sijago Merah

Sigerindo Aceh Selatan- Empat Unit Kios Penjual Mainan di Dusun Mawar, Desa Kotafajar, Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Selatan, ludes dilahap sijago merah.pukul 04:50 Wib,dini hari Senin 12/7/2021.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Cut Syazalisma saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Kebakaran terjadi menjelang azan subuh. Asal api pertama dari kios milik Zariah (44) Desa Kotafajar.

Kebakaran tak terhindarkan, lantaran konstruksi bangunan kayu dan diduga dalam toko juga tersimpan petasan dan kembang api. Tak butuh waktu lama, ke empat ruko itu hangus jadi arang.

“Kebakaran terjadi sejak pukul 04:50 Wib, yang menghanguskan empat unit toko mainan,” kata Cut Syazalisma, Senin (12/04/2021).

“Karena banyak bahan yang mudah terbakar, seketika api merambat ke beberapa kios mainan lainnya. Ada empat unit kios jual main anak-anak yang hangus terbakar, dan dua lainnya kena imbas terpaksa di bongkar agar api tidak merambat ke kios lain,” jelasnya.

“Empat unit kios ludes terbakar, dan dua unit kena imbas musibah tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Pos Damkar-PB 04 Kluet Utara, Zulfikar menjelaskan, saat ini api sudah berhasil dipadamkan sebelum sempat merembes ke kios atau rumah warga.

Pemadaman turut di bantu unit pos damkar P-B 01 Wilayah Tapaktuan, dan P-B 05 Wilayah Bakongan, lokasi untuk melakukan pemadaman. Setelah Tiga Puluh menit kemudian api berhasil di padamkan. Dugaan sementara penyebab kebakaran disebabkan arus pendek.

Secara terpisah, pada saat awak media konfirmasi kepada Keuchik Desa Kotafajar Sudirman, menjelaskan api pertama kali muncul di kios jual mainan milik Zariah (44) kemudian merembat ke kios Nirmala (45), Sarniati (40), dan Umi Ramaniah (48), warga Kotafajar, Kecamatan Kluet Utara, Aceh Selatan.

“Penyebab kebakaran tersebut, untuk sementara diduga terjadi korsleting listrik di kios tersebut,” kata Sudirman.
Tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut namun kerugian material di perkirakan Rp. 200.000.000 (Dua Ratus Juta Rupiah).tutupnya.(Yunardi.M.IS)
BERITA TERBARU