Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting



Mewakili Dandim 0105/Abar, Kapten lnf Hendra Saputra Menjadi Pemateri Latsar CPNS Formasi Umum Aceh Barat

Sigerindo Aceh Barat - Dandim 0105/Abar Letkol lnf Dimar Bahtera, S.Sos., M.A.P., yang diwakili oleh Danramil 07/JP Kapten lnf Hendra Saputra sampaikan materi Wawasan Kebangsaan dan Nilai - Nilai Bela Negara kepada 40 (empat puluh) peserta Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Formasi Umum Tahun 2019 Golongan lll Angkatan lll Pemkab Aceh Barat T.A 2021 yang digelar di Aula Asrama Putri Pocut Baren Jalan lskandar Muda Desa Kuta Padang Kecamatan Johan Pahlawan, Jum'at (15/10/2021)

Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta dengan rincian 34 orang Tenaga Pendidik (Guru), 4 orang dari Tenaga Kesehatan dan 2 diantaranya Tenaga Administrasi. Pelaksanaannya menggunakan Pola Kemitraan antara BPSDM dengan BKPSDM Kabupaten Aceh Barat yang menerapkan Protokol Kesehatan sangat ketat.

Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk membekali para peserta Latsar CPNS terutama tentang agenda Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara dalam rangka menyegarkan menguatkan kesadaran untuk membangun ketahanan nasional.

Makna dan hakekat serta penjabaran materi Wawasan Kebangsaan dan Nilai - Nilai Bela Negara yang dikupas oleh Kapten lnf Hendra Saputra sangat penting untuk dipahami, apalagi oleh seorang ASN mengingat kedudukannya sebagai salah satu unsur Aparatur Negara yang berperan sebagai perekat Persatuan dan Kesatuan bangsa.

"Sebagai CPNS harus dapat memahami keberadaan jati diri terhadap lingkungan sekitarnya. Karena hal tersebut merupakan penjabaran dari falsafah bangsa yang disesuaikan dengan keadaan wilayah. Oleh sebab itu, sebagai CPNS harus dibekali dan bisa mengaplikasikan kandungan nilai Wasbang dan Belaneg yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, Pancasila, rela berkorban serta bisa mengamalkan UUD 1945", ujar Kapten Hendra

Sedangkan Ketahanan Nasional menurut Danramil, secara formal yang pada hakikatnya merupakan kondisi sekaligus konsepsi pembangunan nasional dalam pencapaian cita - cita suatu bangsa.

"Kaitannya dengan Latsar ini, CPNS dibina secara dini, berkesinambungan, terpadu dan sinergis agar mememiliki identitas maupun integritas yang berisikan ketangguhan dan keuletan dalam mengembangkan kemampuan untuk menghadapi segala macam bentuk ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar daerah bahkan negeri", tegas Danramil

Harapannya, setelah mendapatkan materi dari Kapten lnf Hendra Saputra, para peserta Latsar CPNS mampu memahami dan mempraktekkan Wawasan Kebangsaan dan Belaneg dalam NKRl sebagai dasar mengutamakan kepentingan nasional saat melaksanakan tugas dan fungsinya.
BERITA TERBARU