Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KKP Lampung pastikan Keberangkatan dan Pemulangan Jemaah Haji 2023 Sehat dan Lancar

 

 

Sigerindo, Bandar Lampung---Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Panjang memastikan keberangkatan dan pemulangan para jemaah haji Lampung 2023 sehat dan lancar. Hal ini ditegaskan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Panjang Sulistyono, SKM., M.Kes disela-sela pemeriksaan ketiga hari kedua jamaah haji Lampung di Asrama Haji, Kamis (25/5).

Menurutnya, setelah melakukan suntik vaksin Meningitis dan mendapat sertifikat vaksin yang dikeluarkan kantor KKP, para jemaah haji pada pemeriksaan ketiga berkumpul dan menginap di Asrama Haji Lampung untuk diperiksa perbekalan dan kesehatannya sebelum diberangkatkan ke bandara menuju tanah suci. “Ya..untuk memastikan kesehatan para jemaah haji agar terlindung dari penularan penyakit Meningitis antara jemaah haji dari seluruh dunia hingga para jemaah kembali ke tanah air,” kata Sulistyono.

Dijelaskannya, saat ini pihaknya dan seluruh panitia yang terlibat sedang menerima rombongan para jemaah haji dari Lampung Barat kloter JKTG 09 393 orang untik pemeriksaan ketiga. “Disini barang-barang jamaah akan diperiksa terlebih dahulu termasuk cek kesehatan di klinik sebelum masuk asrama. Jika ada masalah kesehatan para jemaah akan dirujuk untuk pemeriksaan selanjutnya ke Rumah sakit.”

Selain pemeriksaan kesehatan, kata Sulistyono, peran KKP juga melakukan pemeriksaan makanan catering dan kebersihan lingkungan. “Intinya adalah menjamin para jemaah haji layak terbang, termasuk memberikan pelayanan para jemaah lansia seperti turun duluan, penggunaan kursi roda bagi lansia yang diurus oleh seksi uzur,” katanya.

Jadi, kata Sulistyono, peran KKP untuk memperlancar kegiatan haji mulai dari pemeriksaan pertama saat di puskesmas yang dirujuk, kemudian pemeriksaan kedua, kantor KKP melakukan pendampingan suntik Maningitis sekaligus legalisasi sertifikat vaksinasi bekerjasama dengan pihak terkait. “Sebelum berangkat, kantor KKP melakukan pemeriksaan ketiga yang dikoordinasi oleh tim pemeriksa kesehatan haji.”

Akhirnya, KKP Lampung melakukan surveilence atau pengamatan kesehatan pada saat para jemaah tiba kembali di Lampung. “Hal ini dilakukan untuk memastikan kesehatan para jemaah, Jangan sampai para jemaah sakit. Kita akan segera rujuk ke rs untuk mendapat pelayanan kesehatan,” tutupnya. (THR)

BERITA TERBARU