Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prodi Kewirausahaan, Universitas Mitra Indonesia (UMITRA) Gelar Kuliah Umum Bertajuk “Cara Menjadi Entrepreneur Unggul 2023”


Sigerindo, Bandar Lampung----Program Studi Kewirausahaan, Fakultas Bisnis Universitas Mitra Indonesia menggelar Kuliah Umum bertajuk “Cara Menjadi Entrepreneur Unggul 2023” di ruangan gedung kampus tersebut, Sabtu (04/06) kemarin.  Sebagai narasumber selain Kepala Program Studi Kewirausahaan Ir.Umar Bakti MM, juga Dosen dari Universitas Swasta terkenal dari Kota Bandung yang dimoderatori dosen Kewirausahaan Ir. Prima Rini, MM.

Acara juga dihadiri seluruh dosen prodi Kewirausahaan dan seluruh mahasiswa Fakultas Bisnis, baik dari Prodi Kewirausahaan, Manajemen, Akuntansi dan mahasiswa program D3 Akuntansi semua angkatan. Antusiasme mahasiswa terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan baik soal pendanaan bagi start-up, digital marketing maupun bagaimana cara memulai bisnis di Era Milenial sekarang.

Menurut Ketua Panitia, Rini Loliyani, SE., MM, acara ini merupakan kelanjutan dari Rapat Koordinasi Nasional (rakornas) Aliansi Program Studi Kewirausahan Indonesia (APSKI), yang digelar 29-31 Mei 2023 lalu di Bandung. “Perwakilan dari Prodi Kewirausahaan Umitra hadir Bu Prima Rini dimana acara tersebut dihadiri sejumlah perguruan tinggi ternama nasional seperti ITB, Binus, Uiniversitas Brawijaya dan lain-lain,” kata Ibu dua anak ini.

Sedangkan Ir. Prima Rini MM mengatakan  pertemuan APSKI tersebut akan dilanjutkan dengan sinergisitas bersama Kementrian Koperasi dalam wadah Entrepreneur Hub yang akan diluncurkan Juni 2023 mendatang. “Sebagai upaya mengembangkan kewirausahaan di Indonesia, Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menggandeng APSKI (Aliansi Program Studi Kewirausahaan Indonesia) untuk berkolaborasi dalam menyusun peta jalan pengembangan kewirausahaan nasional sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kewirausahaan Nasional sekaligus menyusun arah kebijakan pengembangan kewirausahaan nasional dan pembahasan isu-isu strategis.” Katanya.

Dosen Kewirausahaan yang sedang menyelesaikan kuliah S3 nya di Unila ini menambahkan  APSKI  merupakan sebuah organisasi yang terdiri dari sejumlah program studi kewirausahaan di berbagai perguruan tinggi di Indonesia yang beraliansi untuk memperkuat kolaborasi dan kerja sama antara program studi kewirausahaan, dalam rangka mengembangkan pendidikan kewirausahaan yang berkualitas serta mendukung pengembangan ekosistem kewirausahaan di Indonesia.

Sementara Ir.Umar Bakti, MM mengatakan untuk menjadi Entrepreneur Unggul di Era Milenial saat ini selain familiar dengan teknologi digital, mahasiswa harus memiliki ide kreatif berdasarkan niat untuk menolong orang banyak. “Karena itu, mahasiswa sebagai calon pebisnis unggul harus bisa menemukan masalah dan jadilah solusi,” katanya.

Setelah memiliki ide kreatif baik melalui pengalaman, bekerja, baca buku, ikut perlombaan dan sebagainya. Selanjutnya ide tersebut dituliskan dalam bentuk proposal bisnis yang memuat aspek pemasaran dan digital marketing, aspek SDM, Aspek produksi dan operasional, aspek keuangan dan analisa SWOT. “Semua aspek dalam bisnis tersebut sudah ada dan dipelajari dalam kurikulum kita. Tinggal mahasiswa harus banyak belajar baik teori maupun praktikum bisnisnya.” (RLS)

 

BERITA TERBARU