Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dosen Kewirausahaan, Universitas Mitra Indonesia Terbitkan Buku “Entrepreneurship” dan “Manajemen Pemasaran Kontemporer “

Sigerindo, Bandar Lampung----Dosen Program Studi S-1 Kewirausahaan, Fakultas Bisnis, Universitas Mitra Indonesia Lampung Ir. Umar Bakti., MM dan Astrid Aprica Isabella SE, MM bersama tim penulis lainnya menerbitkan buku “Praktik dan Pengembangan Entrepreneurship” dan buku ber judul “Manajemen Pemasaran Kontemporer”.

Buku tersebut dicetak oleh penerbit Widina Media Utama, Bandung, editor Aas Masruroh, Eka Purnamasari sebanyak 260 halaman dan 261 halaman. Menurut Sekretaris Prodi S-1 Kewirausahaan, Fakultas Bisnis Universitas Mitra Indonesia Rini Loliyani, SE., MM penerbitan buku bagi dosen dilingkungan prodi Kewirausahaan merupakan kewajiban yang ditetapkan Universitas Mitra Indonesia agar terus meningkatkan profesionalisme sesuai kompetensi masing-masing.

“Mudah-mudahan, kedua buku ini baik Buku Entrepreneur dan Manajemen Pemasaran Kontemporer dapat menjadi alternative bacaan para mahasiswa untuk menjadi Entrepreneur sukses. Hal ini sesuai motto universitas “Technopreneur dan Partnership,” kata ibu dua anak ini.

Dijelaskannya, sebagai institusi perguruan Tinggi, Universitas Mitra Indonesia selalu mendorong para dosennya untuk selalu meningkatkan kualitas Tridharma perguruan tinggi, baik itu penelitian, pengabdian masyarakat dan pengajaran, termasuk pembuatan buku bagi para dosen.

Sedangkan menurut Umar Bakti, khusus buku Enterpreneurship pada Bab Penyusunan Proposal bisnis, pembuatan proposal bisnis didahului adanya ide kreatif yang timbul dari upaya menolong orang banyak dengan motto “Temukan masalah, jadilah Solusi”. “Bisa juga untuk mendapatkan ide diperoleh dari prinsip ATM—Amati, Tiru dan Modifikasi,” katanya.

Apalagi, kata Umar Bakti, ditengah persaingan ketat dan kemajuan teknologi saat ini, para sarjana khususnya alumni prodi Kewirausahaan dituntut untuk bisa menciptakan lapangan kerja. “Selain memiliki ilmu pengetahuan dibidang bisnis, para mahasiswa juga dituntut untuk memiliki ide kreatif dan inovatif sesuai kebutuhan konsumen,” katanya.

Sedangkan Astrid Aprica Isabella mengatakan untuk buku Manajemen Pemasaran Kontemporer berdasarkan bab 12 yang ditulisnya tentang pemanfaatan pemasaran digital bagi UMKM. Dijelaskan ibu satu anak ini, pemanfaatan digital marketing adalah salah satu alternatif yang harus dilakukan oleh pelaku usaha khususnya pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada masa pandemic covid 19 yang lalu guna keberlangsungan bisnisnya. “Digital marketing sangat dibutuhkan bagi UMKM agar dapat mencapai pangsa pasar dengan mudah,” kata penerima hibah penelitian tahun 2023 ini

Sebagai informasi kedua buku ini bisa didapat di Perpustakaan Universitas Mitra Indonesia, dan dapat dibaca melalui E-book. “Diharapkan buku ini menjadi pegangan mahasiswa sesuai mata kuliah yang diampu pada semester berikutnya.” (RLS)



BERITA TERBARU