Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yusuf Kohar: Lampung ke depan Harus lebih Baik


 Sigerindo, Bandar Lampung----Pembangunan Provinsi Lampung kedepan harus lebih baik, termasuk di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, infrastruktur, social budaya, dan kepastian hukum (keamanan). Hal ini ditegaskan mantan Wakil Walikota Bandar Lampung Yusuf Kohar, SE., MM di ruang kerjanya, Sabtu 14/10.

“Untuk itu, masyarakat Lampung harus lebih makmur dan sejahtera. Apalagi sumberdaya alam kita yang melimpah dan sumberdaya manusia kita yang mumpuni,” kata praktisi politik ini dengan penuh semangat.

Menurut akademisi dengan pangkat Lektor ini  jika pengelolaan pembangunan Provinsi Lampung berjalan diatas jalan yang benar, maka rakyat Lampung pasti sejahtera. “Pemerintah harus bertindak sebagai stimulant dengan APBDnya, Sehingga pembangunan Ekonomi Lampung dapat meningkat. Jangan hanya bergantung kepada kinerja swasta saja. Pemerintah harus mendorong pertumbuhan ekonomi seperti pembangunan infrastruktur. Jangan kepala daerah hanya berorientasi pada Fee Proyek dan Fee Lelang Jabatan. Jika demikian  dipastikan kepemimpinan seperti itu tiadk baik dan berhasil, ” tegasnya.

Khusus bidang pendidikan, kata Yusuf Kohar yang akrab dengan wartawan dengan panggilan Bang Yusuf ini mengatakan, biadng pendidikan merupakan hal yang sangat pentin dan diutamakan. Seperti pendidikan gratis harus dialksanakan secara benar dan dikontrol. ”Apakah gratis dan tidak ada pungutan lagi. Selain itu, jangan berlindung dengan dana komite sekolah,Dengan demikian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lampung meningkat dengan menghasilkan SDM yang bermutu, berinovasi dan kreatifitas,”katanya.

Untuk bidang Ekonomi, lanjut Alumni Lemhanas angkatan 41 tahun 2008, Sarjana Akutansi dan Manajemen Keuangan (MM) ini, --maka pada saat menjabat Plt Walikota Bandar Lampung tidak defisit anggaran, honor dan hutang-hutang pemda kota Bandar Lampung semua dibayar dan lunas--untuk itu potensi atau peluang bisnis yang belum digali terkait sumberdaya alam Lampung ini harus tergarap optimal seperti bidang pariwisata dan perikanan tangkap. “Kita belum focus betul dengan sector pariwisata ini. Terbukti infrastuktur jalan dan fasiltas destinasi wisata belum dibangun secara maksimal. Sedangkan pertanian,  perkebunan,  perikanan tambak (ikan dan udang—red) dan peternakan sudah tumbuh, tinggal dimaksimalkan lagi.”



Demikian pula sektor lain seperti bidang kesehatan yang masih perlu dioptomlkan lagi agar harapan hidup masyarakat Lampung meningkat dan gizi buruk/stunting menurun. “Sedangkan bidang kepastian hukum dan keamanan harus betul-betul diciptakan dengan abaik. Agar investasi semakin meningkat dan menciptakan lapangan kerja bagi generasi muda.”

Untuk itu, kata Bang Yusuf, pemimpin Lampung kedepan harus punya pola pikir seperti yang disebutkan diatas. “Termasuk memiliki jiwa kebangsaan dan bela Negara demi kesejahteraan masyarakat Lampung.” (RLS)


BERITA TERBARU