Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hari Bhakti Rimbawan ke-41, KLHK, Itera bersama Jajaran Rimbawan Lampung Tanam 400 Bibit Pohon



Sigerindo (Bandar Lampung)--- Memperingati Hari Bhakti Rimbawan ke-41, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Institut Teknologi Sumatera (Itera) menanam 400 bibit aneka pohon di areal lahan seluas satu hektare di dalam kampus tersebut, baru-baru ini.

Kegiatan penanaman serentak secara nasional ini guna menjaga lingkungan, dengan melakukan pembangunan yang bersifat green sustainability, dan menerapkan teknologi yang ramah lingkungan.

Dikutip dari Iteranews, penanaman pohon dihadiri Rektor Itera, Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, Tenaga Ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Bidang Restorasi dan Kemitraan Konservasi Dr. Ir. Wiratno, M.Sc., Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Lampung, Ir. Yanyan Ruchyansyah, M.Si., Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung Ir. Emilia Kusumawati, M.M., Kepala Biro Akademik, Perencanaan, dan Umum Itera Sri Sulistiawati, dan Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Way Seputih Way Sekampung (BPDAS WSS) Lampung, Idi Bantara serta jajaran rimbawan dari berbagai organisasi. Turut memberikan arahan melalui video conference Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar, M.Sc.

Dr. Ir. Wiratno, M.Sc.,mengatakan penanaman pohon serentak ini menindaklanjuti arahan Presiden RI, yang menyatakan bahwa setiap peringatan Hari Bhakti Rimbawan dilakukan penanaman pohon serentak. “Penanaman pohon ini tidak hanya untuk penghijauan dan perbaikan kualitas lingkungan, tetapi juga sebagai upaya perlindungan bagi generasi masa depan,” katanya.


Dia mengharapkan penanaman pohon serentak ini dapat memberikan motivasi bagi masyarakat luas untuk turut serta dalam upaya penanaman dan pemeliharaan pohon. "Tentunya, sebagai langkah nyata dalam menjaga lingkungan dan menciptakan masa depan yang lebih baik," katanya mengutip berita Antara.

Sedangkan Sri Sulistiawati mewakili Rektor Itera mengapresiasi pemerintah pusat karena Itera dipilih sebagai salah satu lokasi penanaman pohon serentak yang diselenggarakan secara nasional oleh KLHK.
"Itera sebagai salah satu institusi pendidikan yang berkembang pesat di Sumatra berkomitmen untuk senantiasa menjaga lingkungan, melakukan pembangunan yang bersifat green sustainability, dan menerapkan teknologi yang ramah lingkungan," kata dia.

Dia menyampaikan beberapa inisiatif telah dijalankan Itera, termasuk penanaman tumbuhan lee kwan yew di dinding gedung, penanaman bunga marigold di halaman gedung, pembangunan green tower di Masjid Baitul Ilmi, serta sistem water recycling dan Integrated Waste and Agro Center (IWACI). (DBS)
BERITA TERBARU