Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kopi Gambut Liberika Kabupaten Banyuasin Aroma Nikmat Luar Biasa Bisa Tembus Pasar Dunia

Sigerindo Banyuasin - Pangakalan Balai Komoditas Kopi Gambut Liberika siap di kembangkan dengan support pihak Pemerintah Kabupaten Banyuasin. Karna Kopi Gambut potensi besar menjadi salah satu komoditas unggulan khususnya di Banyuasin dan Provinsi Sumatera Selatan.

Staf Khusus Gubernur Sumatera selatan Bidang Pengembangan Ekonomi Kreatif, Eko Agus Sugianto mengungkapkan, komoditas kopi yang ada di Indonesia selain kopi arabika dan robusta ada juga jenis kopi liberika yang berasal dari negara Liberia yang masuk ke Indonesia pada abad ke-18. Kopi liberika merupakan jenis kopi yang bisa dibudidayakan di dataran rendah, yakni pada kisaran 400-600 meter dari permukaan laut serta tetap tumbuh pada ketinggian tanah 1200 meter di atas permukaan laut.

Saat ini, Kopi Liberika telah tumbuh dan berkembang di wilayah lahan Gambut yang ada di Kecamatan Muara Padang, Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin.

” Karna lahan di Banyuasin ini secara geografisnya cocok untuk tumbuhnya Kopi Liberika. Potensinya luar biasa dan bisa jadi produk Unggulan Banyuasin dan Sumsel.” Ungkap Eko yang juga menjabat sebagai Sekertaris Tim Restorasi Gambut (TRG) Provinsi Sumsel, beberapa waktu lalu di Rumah makan Gemercik, Kota Palembang.

Diterangkannya, bentuk fisik kopi liberika lebih besar dan panjang dengan kekentalan body yang lebih kuat aroma tajam menyerupai nangka jenis kopi ini lebih sering disebut dengan istilah kopi nongko.
” Banyak bahan produk yang dihasilkan dari lahan Gambut termasuk kopi Liberika. Jadi perlu adanya trobosan yang mesti dilakukan secara bersama agar kopi ini juga dapat tembus ke pasar nasional bahkan dunia, ” harapnya.

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru juga meminta agar komuditas kopi menjadi sektor unggulan yang di Provinsi Sumsel dan dapat dikembangkan dalam pembudiyaannya serta di dukung langsung oleh pemerintah daerah yang ada di tingkat kabupaten tersebut

“di Sumsel baru Banyuasin yang ada kopi Liberika dan kita akan kembangkan dari segala lini sektor. Ini juga salah satu pembinaan yang dilakukan pihak BRG-RI,” Ucapnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi, dan Kemitraan Badan Restorasi Gambut RI (BRG-RI) Myrna A Safitri, menyampaikan dalam melakukan restorasi dan pembinaan Desa Peduli Gambut. Bupati Banyuasin H Askolani, SH., MH menyambut baik serta support dalam pembinaan yang dilakukan oleh pihak BRG-RI.

” Pak Bupati juga telah menyepakati pembentukan kawasaan pedesaan peduli gambut dan kita juga telah melakukan pembinaan, seperti pengembagan komoditas perikanan tambak ikan dan lainnya, ” ucapnya

Sedangkan, untuk komoditas Kopi Liberika, saat ini sudah tumbuh dan berkembang dan telah menjadi usulan akan pengembangan agar potensinya menjadi lebih besar untuk dapat menjadi komuditas unggulan.
“Pastinya akan kita bahas lebih detail lagi bersama pihak Pemkab Banyuasin.” Jelasnya

Terpisah, Bupati Banyuasin H. Askolani, SH.,MH mengatakan suatu hal yang baik dalam pengembangan kawasan gambut kawasan yang produktif untuk menjadi lahan yang subur bagi pertanian. Oleh karna itu, pemerintah kabupaten Banyuasin akan terus berupaya dan secara terkordinasi melakukan terobosan yang jitu untuk dapat menjadikan Banyuasin sebagai kawasan pertanian yang subur sebagai unggulan di Provinsi Sumatera Selatan.

“Se-Indonesia beberapa Desa di Banyuasin Alhamdulillah di tunjuk Pemerintah Pusat sabagai Desa yang patut di contoh Sebagai Desa Peduli Gambut.” tegasnya (Day)
BERITA TERBARU